Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Donasi Rp 1,4 Triliun, Jeff Bezos Bekingi Barack Obama

Selasa 23 Nov 2021 10:02 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Donasi Rp1,4 Triliun, Jeff Bezos Terang-terangan Bekingi Barack Obama! Ngeri Juga... (Foto: Instagram/Jeff Bezos)

Donasi Rp1,4 Triliun, Jeff Bezos Terang-terangan Bekingi Barack Obama! Ngeri Juga... (Foto: Instagram/Jeff Bezos)

Bill dan Melinda Gates juga menyumbang untuk Obama Foundation.

Mantan presiden AS Barack Obama memiliki pendukung baru yang besar yakni Jeff Bezos. Pendiri Amazon dan orang terkaya kedua di dunia itu, mendonasikan 100 juta dolar AS (Rp 1,4 triliun) untuk badan amal Obama yang bernama Obama Foundation.

Sumbangan ini datang saat Amazon berusaha menangkis tantangan dari pemerintahan Biden. Sebagai bagian dari donasi, Bezos meminta agar Obama mengganti nama alun-alun di pusat kepresidenan Chicago yang kontroversial untuk menghormati mantan anggota Kongres dan pembela hak-hak sipil John R Lewis, menurut Obama Foundation.

Baca Juga: Jeff Bezos Rekrut Pelobi yang Dekat dengan Pemerintahan Obama, Untuk Apa?

Dalam rilis yang dikirim ke The Post, Bezos mengungkapkan, dia sangat senang mendukung Presiden dan Nyonya Obama dan Yayasan mereka dalam misinya untuk melatih dan menginspirasi para pemimpin masa depan.

Melansir The New York Post di Jakarta, Selasa (23/11) sumbangan 100 juta dolar AS (Rp1,4 triliun) Bezos yang mewakili kurang dari 0,1 persen kekayaannya yang diperkirakan 210 miliar dolar AS (Rp 2.997 triliun) adalah kontribusi individu terbesar yang pernah diterima yayasan Obama. Ini juga merupakan harga seperlima dari 500  juta dolar AS (Rp7,1 triliun) untuk kapal pesiar Bezos.

Donasi tersebut diatur Jay Carney, mantan sekretaris pers Obama dan kepala kebijakan publik dan hubungan masyarakat Amazon saat ini.

Untuk diketahui, Obama dan Bezos berbicara secara langsung awal tahun ini dan terkadang bertemu satu sama lain secara sosial.

Persahabatan Bezos dengan Obama terjadi saat Amazon bentrok sengit dengan pemerintahan Biden atas masalah antimonopoli. Lina Khan, kepala Komisi Perdagangan Federal yang ditunjuk Biden, memiliki sejarah panjang dalam mengecam praktik anti persaingan oleh Amazon dan dilaporkan menyelidiki pembelian studio film MGM senilai 8,5 miliar dolar AS (Rp 121 triliun) oleh perusahaan.

Mengutip kritik masa lalu yang dibuat Khan terhadap kerajaan Bezos, pada bulan Juni Amazon menuntut agar dia mengundurkan diri dari penyelidikan FTC perusahaan.

Sayangnya, masih belum jelas uang tersebut akan digunakan untuk apa oleh Yayasan Obama. Namun, disebutkan, uang tersebut akan memberi generasi pemimpin baru yang baru muncul, alat, sumber daya, dan pelatihan yang diperlukan untuk menjadi perubahan yang ingin mereka lihat di dunia, seperti yang dilakukan anggota Kongres Lewis.

Miliarder teknologi lain yang telah menyumbang ke Yayasan Obama termasuk mantan istri Bezos Mackenzie Scott, Bill dan Melinda Gates dan mantan presiden Facebook dan pendiri Napster, Sean Parker.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA