Senin 22 Nov 2021 23:09 WIB

Varian Baru Covid-19 Dikhawatirkan Memperburuk Pandemi

Varian-varian baru Covid-19 yang mirip Delt berpotensi memperburuk pandemi.

Varian-varian baru Covid-19 yang mirip Delt berpotensi memperburuk pandemi.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Varian-varian baru Covid-19 yang mirip Delt berpotensi memperburuk pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Puti Almas

Baca Juga

Varian dari virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) dengan ciri-ciri mirip varian Delta berpotensi meningkatkan kemampuan penularan, bahkan terhadap orang yang sudah pernah terinfeksi sebelumnya, serta mendapatkan vaksinasi. Hal tersebut dikhawatirkan menyebabkan pandemi menjadi lebih buruk, dengan lebih banyak orang terinfeksi dan mengalami reinfeksi (infeksi ulang).

Hal ini diungkapkan dalam studi dengan model matematika yang dibuat oleh para peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health. Studi yang diterbitkan secara daring di Cell dapat membantu peneliti dan pejabat kesehatan masyarakat menafsirkan signifikansi varian baru dan yang sudah ada. Ini termasuk merancang respons kesehatan masyarakat yang disesuaikan untuk berbagai skenario berdasarkan karakteristik varian.

“Sejauh ini, bukti kemampuan varian untuk menghindari sistem kekebalan dan menyebabkan infeksi ulang atau infeksi terobosan telah menjadi tanda bahaya,” ujar Mary Bushman, rekan penulis studi dan rekan peneliti postdoctoral di Departemen Epidemiologi di Harvard Chan School, dilansir EurasiaNews, Senin (22/11).

Temuan menunjukkan ketika itu dikombinasikan dengan transmisibilitas yang ditingkatkan, maka itu bisa menjadi masalah yang sangat besar. SARS-CoV-2 yang menyebabkan infeksi penyakit Covid-19 telah memunculkan sejumlah varian baru. 

Beberapa dengan cepat menjadi strain dominan dan meningkatkan jumlah infeksi, seperti varian Alpha dan Delta. Sementara yang lain, seperti Beta, tidak secara signifikan mempengaruhi pandemi. 

Untuk memahami efek dari faktor-faktor tertentu terhadap pandemi, Bushman menciptakan model yang mensimulasikan bagaimana pandemi yang dipicu oleh varian hipotesis akan mempengaruhi populasi yang menggunakan berbagai kombinasi penerapan protokol kesehatan. Diantaranya adalah dengan penggunaan masker, aturan jarak fisik, dan vaksinasi.

Analisis tersebut mensimulasikan pandemi Covid-19, dengan beberapa varian hipotesis yang berbeda termasuk kombinasi dari sifat seperti transmisibilitas yang ditingkatkan, mirip dengan varian Alpha. Pelarian kekebalan parsial, mirip dengan varian Beta, peningkatan transmisi dengan pelepasan kekebalan parsial, mirip dengan varian Delta dan varian tanpa sifat. Analisis ini juga memperhitungkan bagaimana variabel tertentu, seperti masker/jarak fisik atau vaksinasi, akan mempengaruhi lintasan pandemi. 

Untuk setiap skenario, para peneliti menganalisis jumlah total infeksi serta jumlah atau persentase infeksi yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Bushman dan tim peneliti menentukan bahwa varian dengan transmisibilitas yang ditingkatkan saja kemungkinan akan lebih berbahaya daripada varian yang sebagian dapat menghindari sistem kekebalan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement