Senin 22 Nov 2021 20:44 WIB

'Tak Ada Provinsi di Luar Jawa Bali di Level 4 dan 3'

Sebanyak 20 provinsi di luar Jawa-Bali berada di level 2 dan 7 provinsi di level 1.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio/Lmo/aww.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menyampaikan, dari 27 provinsi di luar Jawa dan Bali saat ini, tidak ada yang berada di level 4 maupun level 3 dari segi transmisi komunitas dan kapasitas respons. Sementara, sebanyak 20 provinsi berada di level 2 dan tujuh provinsi di level 1.

“Yaitu, Kepri, NTB, Sumut, Lampung, NTT, Kalsel, dan Sultra,” ujar dia saat konferensi pers perkembangan PPKM di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/11).

Baca Juga

Pada cakupan vaksinasi Covid-19, hanya dua provinsi di luar Jawa Bali yang berada di level memadai atau lebih dari 70 persen. Kedua provinsi tersebut, yakni Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Sedangkan di level sedang, terdapat 14 provinsi yang cakupan vaksinasi Covid-19 kurang dari 50 persen.

Di tingkat kabupaten kota, terdapat dua kabupaten yang berada di level 3 yakni Teluk Bintuni dan Rote Ndao. Kemudian sebanyak 200 kabupaten kota berada di level 2 dan 184 kabupaten kota berada di level 1.

“Dari level tersebut kita melihat di tingkat kabupaten kota di level 4 dan 3 dan 2 ini relatif turun terus. Dua kabupaten di level 3 yaitu Teluk Bintuni dan Rote Ndao. 200 kabupaten kota di level 2, dan kabupaten kota di level 1 ada 184 kabupaten kota," ujarnya.

Dari kondisi ini, daerah di luar Jawa Bali kembali menerapkan PPKM selama dua pekan mendatang atau hingga 6 Desember. Penerapan PPKM ini juga dilihat berdasarkan dosis vaksinasi. 

Status daerah yang cakupan vaksinasinya kurang dari 50 persen dinaikan menjadi 1 level. “Jadi terdapat 109 kabupaten kota di PPKM level 3, kemudian 200 kabupaten kota di level 2, dan 77 kabupaten kota di level PPKM 1. Dan ini meningkat dari sebelumnya 51 kabupaten kota,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement