Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Sulitnya Gantikan Sir Alex Ferguson di MU

Senin 22 Nov 2021 20:37 WIB

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah

Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson (ilustrasi). Sulit mencari pelatih pengganti yang bisa meneruskan kesuksesan MU selepas Ferguson pensiun Terbaru, Ole Gunnar Solskjaer dipecat di tengah jalan saat baru saja menandatangani kontrak tiga tahun.

Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson (ilustrasi). Sulit mencari pelatih pengganti yang bisa meneruskan kesuksesan MU selepas Ferguson pensiun Terbaru, Ole Gunnar Solskjaer dipecat di tengah jalan saat baru saja menandatangani kontrak tiga tahun.

Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Tak ada pelatih yang sukses menangani MU selepas Ferguson, dipecat di tengah jalan

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) telah memakai lima pelatih setelah Sir Alex Ferguson menyatakan pensiun membesut Setan Merah. Namun kelima pelatih tersebut kesulitan mendekati, apalagi menyamai pencapaian Ferguson. Akibatnya, kisah kelam selalu berulang, pelatih dipecat di tengah jalan. Terbaru, manajemen Setan Merah memecat Ole Gunnar Solskjaer kemarin menyusul kekalahan 1-4 dari Watford di kompetisi Liga Primer Inggris.

Kekalahan tersebut merupakan yang kelima dalam 10 pertandingan terakhir. Hal tersebut menjadikan mereka ada di posisi ketujuh klasemen Liga Inggris dengan mengemas 17 poin atau 12 angka di belakang pemuncak klasemen Chelsea.

Baca Juga

Michael Carrick didapuk untuk menjadi pelatih sementara. Carrick sama seperti Solskjaer dan Ryan Giggs yang sudah mengenak baik budaya dan gaya permainan MU daripada orang lain. Namun tak ada garansi ia bisa bertahan lama, apalagi menyamai kesuksesan yang pernah diraih Ferguson dengan 28 trofi utama dalam 27 musim bertugas, termasuk 13 di antaranya gelar juara Liga Primer Inggris.

Hampir mustahil memang untuk meniru kesuksesan era Ferguson. Berikut ini catatan singkat kiprah para pelatih yang pernah membesut MU pasca Ferguson, dilansir dari AS, Senin (22/11):

David Moyes (2013-2014)

Ferguson mengundurkan diri dan pensiun dari kepelatihan pada akhir musim 2012/2013. Moyes pun terpilih untuk melanjutkan tonggak kepemimpinan Ferguson setelah kinerjanya bagus bersama Everton walaupun tak pernah mempersembahkan gelar. Penunjukan Moyes juga dilakukan langsung oleh Ferguson.

Moyes kemudian menandatangani kontrak enam tahun jelang musim 2013/2014. Banyak yang diharapkan dari pria Skotlandia tersebut. Pada laga pembuka, MU sukses mengalahkan Swansea City. Hasil tersebut membuka harapan bahwa kesuksesan Ferguson akan berlanjut.

Namun fakta berkata lain setelah itu. MU tak pernah menemukan momentum kemenangan. Pada satu titik tertentu mereka ada di posisi ke-12 klasemen. Pada akhir musim MU finis di posisi ketujuh. Sebuah pencapaian pertama kalinya dalam 25 tahun gagal lolos ke kompetisi Eropa.

Moyes akhirnya dipecat pada April 2015 setelah hanya 10 bulan bertugas. Catatan statistiknya adalah memimpin 51 pertandingan dengan raihan 26 kemenangan, 10 hasil imbang dan 15 kali menelan kekalahan.

Moyes hanya mencatatkan 1,73 poin per game. MU waktu itu memiliki catatan kebobolan 1,10 per game dan 1,73 gol per pertandingan. Ia mempersembahkan satu trofi untuk MU yaitu Community Shield yang tak terlalu bergengsi.

photo
David Moyes saat menangani Manchester United. - (AP Photo)
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA