Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Wakil Wali Kota Bandung Minta Warga Optimalkan Pilah Sampah

Selasa 23 Nov 2021 02:00 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Seekor kambing mencari makan di tumpukan sampah (ilustrasi)

Seekor kambing mencari makan di tumpukan sampah (ilustrasi)

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemilahan tersebut dapat mengurangi beberapa persen angkutan sampah ke TPA.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta masyarakat agar mengoptimalkan pemilahan sampah sejak di tempat penampungan sementara (TPS) sampah sehingga hanya sedikit yang terangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). Menurutnya pemilahan tersebut dapat mengurangi beberapa persen angkutan sampah ke TPA. Sehingga, menurutnya, sampah yang terbawa ke TPA hanyalah residu yang tidak bisa diolah. "Kita coba di TPS itu sekian persen selesailah. Jadi sedikit sekali yang harus terangkut, ya mudah-mudahan tinggal residu yang terangkut ke TPA," kata Yana di Cimahi, Jawa Barat, Senin (22/11).

Yana mengatakan masyarakat bisa memilah sampah organik maupun anorganik. Karena, kata dia, dua kategori sampah itu masih berpotensi memiliki nilai ekonomis. "Di TPS nanti sampah itu diolah berdasarkan klasifikasinya, jadi ada sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomis ya didaur ulang, ada sampah yang organik apakah bisa jadi kompos atau jadi maggot," kata dia.

Baca Juga

Di samping itu, upaya meminimalisir angkutan sampah sejak dari TPS itu menurutnya berguna untuk mengantisipasi jika adanya gangguan pengangkutan sampah ke TPA seperti yang beberapa waktu lalu terjadi di TPA Sarimukti. "Karena kita juga enggak pernah bayangkan tiba-tiba beberapa waktu lalu ada masalah di TPA-nya, ternyata kita bingung juga," kata Yana.

Yana memastikan kini alur pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti sudah berangsur kembali normal meski ada penyesuaian jadwal operasional. "Sekarang sudah kembali normal, mudah-mudahan kita bisa menormalkan kembali ya, menuju normallah," kata dia.

 

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA