Selasa 23 Nov 2021 06:30 WIB

Makanan Terbaik untuk Disantap Ketika Sakit

Saat sedang sakit, nafsu makan biasanya hilang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Sesuaikan makanan yang disantap dengan kondisi ketika sakit.
Foto: Republika/Prayogi
Sakit perut (Ilustrasi). Sesuaikan makanan yang disantap dengan kondisi ketika sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istirahat, makan, dan menjalani pengobatan merupakan tiga faktor terpenting yang dapat menunjang proses penyembuhan. Hanya saja, banyak orang yang mengalami masalah kehilangan nafsu makan ketika sedang sakit.

Asupan makan dan minum berperan penting dalam memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan selama proses penyembuhan. Tidak makan dan minum ketika sakit dapat memicu terjadinya dehidrasi dan penurunan tekanan darah.

Baca Juga

Memang tidak ada makanan spesifik yang dapat menyembuhkan penyakit. Akan tetapi, beberapa makanan dapat membantu meringankan gejala dan membuat perasaan menjadi lebih baik.

Menurut ahli gizi dari Cleveland Clinic, Andrea Dunn RD, ada tiga kategori makanan yang perlu dipertimbangkan ketika sedang sakit. Berikut ini adalah ketiga kategori makanan tersebut, seperti dilansir  Times Now News, Selasa (23/11).

Makanan ketika dehidrasi

Kehilangan nafsu makan dapat membuat pasien menjadi tidak mau makan atau minum. Kondisi ini dapat memicu terjadinya masalah lain yang bisa membahayakan pasien, seperti kejang hingga masalah ginjal. Cleveland Clinic mengatakan dehidrasi saat sakit merupakan salah satu alasan tersering yang membuat pasien harus dilarikan ke instalasi gawat darurat.

"Sering kali ketika kita sakit dan merasa tidak enak badan, dehidrasi memainkan peran besar di situ," ujar Dunn.

Untuk menghindari dehidrasi ketika sakit, salah satu yang direkomendasikan Dunn adalah memperbanyak minum. Minuman yang dikonsumsi bisa disesuaikan dengan selera pasien dan dapat disajikan dalam suhu panas, dingin, atau suhu ruangan.

Pastikan pula minuman ini diberikan secara berkala sepanjang hari pada pasien yang sedang sakit. Beberapa minuman yang secara umum dapat diberikan kepada orang yang sakit adalah air putih, minuman elektrolit, teh, dan jus.

Dari segi makanan, Dunn merekomendasikan sup panas dan buah untuk mencegah dehidrasi pada orang yang sakit. Sup, seperti sup ayam, tak hanya kaya akan protein dan vitamin, tetapi juga mudah dikonsumsi, bisa memenuhi asupan cairan, dan kaya akan elektrolit.

Di sisi lain, buah tak hanya kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, tetapi juga memiliki kandungan air yang tinggi. Oleh karena itu, buah dapat membantu menjaga hidrasi tubuh pasien. Buah bisa disajikan dalam bentuk utuh atau diolah menjadi smoothie bila pasien tidak dapat mengunyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement