Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Deretan Lagu K-pop Ini Dilarang Disiarkan di Korea, BTS hingga NCT 127

Selasa 23 Nov 2021 10:58 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

BTS.

BTS.

Penggemar K-pop terkejut karena lagu Icon yang ada di album baru TWICE

VIVA – Baru-baru ini, penggemar K-pop terkejut karena lagu Icon yang ada di album baru TWICE, Formula of Love: O+T=<3, tiba-tiba dilarang oleh KBS. Alasannya, karena lirik lagu tersebut memiliki bahasa yang tidak pantas dan ekspresi vulgar.

Ini bukan kali pertama lagu K-pop dilarang tayang di Korea karena liriknya yang sensitif. Sebelumnya, juga ada sederet lagu yang juga dilarang untuk tayang di Korea. Dilansir dari Kbizoom, Senin, 22 November 2021, berikut informasinya.

1. Go Go – BTS

 

Lagu Go Go yang dirilis oleh BTS pada tahun 2017 lalu, berhasil menarik perhatian para penggemar karena vibes-nya menyenangkan. Namun, lagu tersebut akhirnya dilarang karena mengandung beberapa lirik vulgar yang tidak diterima oleh stasiun penyiaran. Para penggemar BTS tidak dapat mendengarkan Go Go di televisi.

2. Dope – BTS

 

Lagu BTS lainnya yang dilarang adalah Dope. Jaringan publik percaya bahwa lirik Dope mengandung kata-kata yang terlalu kasar. Rap J-Hope dikatakan memiliki konotasi negatif: “(Terjemahan) Kalian semua terlalu lemah seperti sekelompok pecundang dan idiot yang hanya bisa menangis“.

3. Boombayah – BLACKPINK

 

Debut hit BLACKPINK yang mencapai lebih dari 1 miliar views di Youtube yakni Boombayah, juga bernasib sama dengan lagu Dope dan Go Go milik BTS. Segera setelah dirilis, lagu itu menerima larangan dari jaringan penyiaran. Alasan yang diberikan adalah karena ada lirik yang tidak pantas seperti “Jari tengah ke atas” dan penyebutan label alkohol.

4. Fxxk It – BIGBANG

 

BIGBANG merilis lagu berjudul Fxxk It pada tahun 2016 lalu. Judul lagu itu sudah menjadi alasan mengapa larangan dikeluarkan pada lagu tersebut meskipun disensor. Selain judulnya, alasan khusus pelarangan tersebut adalah adanya kata “yangachi” dalam liriknya (sebuah kata dengan arti yang kira-kira setara dengan “gangster”). Tim review lagu KBS menganggap kata ini tidak cocok untuk disiarkan ke publik.

5. Cherry Bomb – NCT 127

 

Pada pertengahan tahun 2017 lalu, NCT 127 melakukan comeback dengan lagu Cherry Bomb. Lagu ini dengan cepat dimasukkan ke dalam daftar dilarang KBS. Alasan yang diberikan adalah karena pihak stasiun TV menganggap lagu tersebut memiliki lirik yang terlalu keras dan tidak layak untuk ditayangkan.

6. Holup – Bobby (iKon)

 

Tidak hanya liriknya yang menyinggung, tetapi lagu Bobby, Holup, memiliki sejumlah kekurangan lain yang membuatnya dilarang untuk disiarkan. Oleh karena itu, selain mengumpat dan menggunakan frasa yang tidak pantas, Bobby juga menyebutkan nama merek minuman, serta minum berlebihan dalam lagu tersebut.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA