Senin 22 Nov 2021 18:18 WIB

Cara Mengajarkan Anak Perempuan tentang Haid

Seorang Ibu diharapkan dapat mengajari anak tentang haid.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Wanita haid (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron/ca
Wanita haid (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Dilansir di aboutislam.net, Senin (22/11) Dosen senior dan sarjana Islam di Institut Islam Toronto , Ontario, Kanada, Syekh Ahmad Kutty menjelaskan seorang ibu muslimah harus mampu mengajari anak perempuan mereka tentang menstruasi, penjelasan biologisnya dan aturan bersuci sebelum anak perempuan mencapai kedewasaan. 

"Tidak ada yang perlu malu untuk mendiskusikan masalah haid dengan anak perempuan sendiri. Kita tahu bahwa para wanita muslim pada masa Nabi cukup jujur ​​dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hal-hal seperti itu tanpa keraguan atau hambatan apa pun,"ujar dia.

Baca Juga

Namun, jika seorang ibu terlalu malu untuk berbicara dengan putrinya tentang masalah seperti ini, atau merasa terhambat atau tidak dapat menjawab pertanyaannya yang lebih rinci tentang masalah tersebut, maka seorang ibu dapat mencari bantuan dari wanita Muslim lainnya, terutama mereka yang adalah guru atau dokter wanita Muslim untuk menjelaskan berbagai hal kepadanya.

Jika anak perempuan telah menghadiri kelas-kelas Islam, biarkan seorang guru wanita yang berpengetahuan dan berkualifikasi memiliki sesi tentang masalah-masalah seperti itu dengan gadis-gadis dari kelompok usianya sendiri. Semakin cepat orang tua melakukan ini semakin baik, karena penting baginya untuk mengetahui masalah ini sebelum dia mengalaminya.

Atau orang tua bisa mendapatkan beberapa buku bagus yang mungkin membahas topik-topik tersebut dengan cara yang jelas sehingga anak-anak seusianya dapat dengan mudah memahaminya.n Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement