Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Luis Enrique Dagelan Buat MU?

Senin 22 Nov 2021 10:44 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar

Pelatih kepala tim nasional sepak bola Spanyol, Luis Enrique, saat konferensi pers di Las Rozas Sports City di Madrid, Spanyol, 30 September 2021.

Pelatih kepala tim nasional sepak bola Spanyol, Luis Enrique, saat konferensi pers di Las Rozas Sports City di Madrid, Spanyol, 30 September 2021.

Foto: EPA-EFE/Juan Carlos Hidalgo
"Apakah hari ini April mop?" demikian tanggapan Enrique

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Satu nama baru masuk kandidat calon pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Dia adalah Luis Enrique.

Sebenarnya Enrique jarang dikait-kaitkan dengan United. Kali ini ia dikabarkan bakal berlabuh di Old Trafford. Sementara ia masih terikat kontrak dengan tim nasional Spanyol.

"Apakah hari ini April mop?" demikian tanggapan sang entrenador, mempertanyakan rumor yang berkembang seputar dirinya, dikutip dari Tribal Football, Senin (22/11).

Beredar isu, Cristiano Ronaldo menginginkannya menjadi mentor. Setelah sedikit bercanda, Enrique akhirnya berbicara serius. Ia merasa tak perlu kemana-mana dalam waktu dekat.

Ia berada di timnas negerinya sendiri. Ia mengelola ribuan pemain yang bisa disaring menjadi kesebelasan hebat. Intinya, Enrique merasa berada di tempat yang tepat. Saat ini, ia tidak melihat ada hal lain yang lebih besar.

"Masa depan bisa berubah dalam 15 detik. Sekarang saya harus menikmati diri saya sendiri, dan saya bahagia di mana saya berada," ujar juru taktik 51 tahun ini.

Enrique baru saja meloloskan timnya ke Piala Dunia 2022. La Roja salah satu favorit peraih trofi di Qatar. Sebelumnya skuat negeri matador di eranya, menembus semifinal Piala Eropa 2020.

Saat masih melatih klub, sang entrenador sukses besar di Barcelona. Ia meraih semua gelar dalam balutan kostum Barca. Sebagai pemain, ia merupakan mantan penggawa Real Madrid yang menyebrang ke Camp Nou.

Kini ia sudah bertahun-tahun di dunia kepelatihan. Enrique menjelma menjadi salah satu arsitek berkarakter. Wajar jika klub seperti MU meminatinya.

Secara terpisah, Rob Dorsett dari Sky Sports turut menegaskan bahwa Ronaldo mempunyai harapan kepada Enrique. "Cristiano Ronaldo ingin Luis Enrique menjadi manajer Manchester United yang baru, saya dapat laporannya," tulis Dorsett di akun media sosial Twitter miliknya.

Dorsett juga menyebut sejumlah nama calon pelatih yang layak melatih Ronaldo dkk. Selain Enrique, ada nama Zinedine Zidane, Erik Ten Hag yang kini masih melatih di Ajax, Mauricio Pochettino dan Brendan Rodgers.

Namun dari deretan semua nama itu, Dorsett mengeklaim, Ronaldo lebih condong menjagokan Zidane untuk bisa bersamanya di MU. Tentunya bukan tanpa alasan Ronaldo ingin Zidane bisa hadir. Keduanya pernah bersama sewaktu di Real Madrid. Kala itu, Zidane menjadi pelatih yang sukses mengantarkan satu gelar LaLiga dan tiga Liga Champions.

Terlepas dari semua rumor itu, yang jelas pihak the Red Devils harus segera berbenah, utamanya setelah mengumumkan keputusannya memutus kontrak Solksjaer. Kabar mengenai hal ini sudah berhembus kencang dalam beberapa jam terakhir. Pada akhirnya, ada pernyataan resmi yang terdengar.

"Manchester United telah mengonfirmasi, Ole Gunnar Solskjaer telah meninggalkan perannya sebagai pelatih," demikian tulisan di twitter resmi United.

Keputusan itu diambil karena MU hanya meraih empat kemenangan dalam 13 laga terakhir di berbagai kompetisi. Sisanya, Bruno Fernandes dan rekan-rekan merasakan dua hasil imbang, dan tumbang di tujuh laga. Teranyar, skuat Iblis Merah terkapar di markas Watford FC.

Kedua tim bertemu pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris. United menyerah 1-4 dari the Hornets di Vicarage Road, Sabtu (20/11) malam WIB. Kekalahan tersebut membuat Solskjaer benar-benar berada di bawah tekanan.

Para petinggi MU sampai mengadakan pertemuan darurat. Jurnalis sekaligus pakar transfer, Fabrizio Romano menyampaikan hal serupa. Intinya, hanya masalah waktu, pemecatan Solskjaer bakal terjadi.

Kini rumor tersebut menjadi kenyataan. Pria Norwegia itu menangani the Red Devils dalam 168 pertandingan. Secara resmi terhitung sejak 19 Desember 2018 hingga 21 November 2021.

Selama periode tersebut ia mengoleksi 91 kemenangan. Sisanya, pasukan Old Trafford mengalami 40 kekalahan dan 37 duel berkesudahan sama kuat. Sejumlah nama mulai disebut-sebut bakal menjadi suksesor Solskjaer.

Dimulai dari Zinedine Zidane, Mauricio Pochettino, Unai Emery, Eric ten Hag, hingga Ralf Rangnick. Tapi sebelum semuanya dipastikan, United masih memiliki laga penting di depan mata. Wakil Inggris itu akan bertamu ke markas Villarreal.

Dua tim itu bertemu pada matchday kelima Grup F Liga Champions. Michael Carrick, dikabarkan menjadi pelatih sementara Cristiano Ronaldo dkk di Estadio de la Ceramica, Rabu (24/11) dini hari WIB.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA