Senin 22 Nov 2021 09:39 WIB

Orkestra Venezuela Mainkan Musik Pecahkan Rekor Dunia

Lebih dari 8.000 musisi di Venezuela bermain orkestra bersama dan memecahkan rekor

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Lebih dari 8.000 musisi di Venezuela bermain orkestra bersama dan memecahkan rekor. (ilustrasi)
Foto: Peakpx
Lebih dari 8.000 musisi di Venezuela bermain orkestra bersama dan memecahkan rekor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Ribuan musisi Venezuela, kebanyakan anak-anak dan remaja, meraih gelar orkestra terbesar di dunia. Rekor ini dibuat oleh 8.573 musisi.

Guinness World Records dalam sebuah video yang dirilis pada Sabtu (20/11) mengumumkan para musisi yang semuanya terhubung ke jaringan orkestra pemuda negara itu memecahkan rekor. Penampilan dari "Slavonic March" Tchaikovsky ini telah dilakukan sepekan sebelum pengumuman pemecahan rekor tersebut.

Baca Juga

Para musisi yang berusia antara 12 hingga 77 tahun itu mencoba rekaman selama konser patriotik di sebuah akademi militer di ibu kota Caracas. Untuk membuat rekor, lebih dari 8.097 orang harus dihitung bermain pada waktu yang sama selama periode lima menit dari karya Tchaikovsky.

Jaringan orkestra yang dikenal sebagai El Sistema atau The System ini mengumpulkan sekitar 12 ribuan musisi untuk konser tersebut. Repertoarnya termasuk "Venezuela" oleh Pablo Herrero dan Jose Luis Armenteros, lagu kebangsaan negara Amerika Selatan itu dan "Alma Llanera" karya Pedro Gutierrez yang oleh rakyat Venezuela dianggap sebagai lagu tidak resmi mereka.

Lebih dari 250 pengawas masing-masing ditugaskan dalam sekelompok musisi untuk mengamati selama upaya rekaman. Rekor sebelumnya dimiliki oleh grup Rusia yang memainkan lagu kebangsaan negara itu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement