Senin 22 Nov 2021 07:26 WIB

Muslim Mesir Peringati Wafatnya Qari Ternama

Syekh Mahmoud mulai menghafal Alquran pada usia empat tahun.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Mesir Peringati Wafatnya Qari Ternama
Foto: Egypt Today
Muslim Mesir Peringati Wafatnya Qari Ternama

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Umat Muslim di Mesir pekan ini akan memperingati (haul) wafatnya seorang ulama besar sekaligus qari termasyhur Syekh Mahmoud Abu al Wafa Al Saeedi.

Seperti dilansir Iqna.ir, Senin (22/11), Syekh Mahmoud Abu al Wafa Al Saeedi adalah qari yang terkenal di Mesir dan mancanegara. Syekh Mahmoud meninggal pada November 2018 pada usia 64 tahun.

Baca Juga

Syekh Mahmoud Abu al Wafa Al Saeedi dikenal memiliki suara yang kuat dan merdu ketika membaca Alquran. Karena itu ia pun dijuluki Sawt Al Jabal atau suara gunung.

Syekh Mahmoud lahir pada 1954 di sebuah desa di Kegubernuran Aswan, Mesir. Ibunya adalah seorang guru penghafal Alquran yang membantu semua anaknya mempelajari Kitab Suci dengan sepenuh hati.

Syekh Mahmoud mulai menghafal Alquran pada usia empat tahun. Syekh Mahmoud berguru pada sejumlah pakar qiraah dan ilmu Alquran seperti Syekh Muhammad Abulala dan Syekh Kamal untuk meningkatkan kemampuan menghafalnya.

Dia kemudian mulai belajar gaya bacaan Alquran dan menjadi qari terkenal setelah merilis kaset bacaannya Surat al Naml dan Surat Maryam. Syekh Mahmoud bergabung dengan Radio Quran Mesir sebagai qari pada tahun 1992. Dia melakukan perjalanan ke banyak negara untuk membaca Alquran.

Putranya, Ahmed, yang berprofesi sebagai apoteker, juga seorang qari. Syekh Mahmoud Abu al Wafa al-Saeedi meninggal di kampung halamannya setelah menunaikan sholat subuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement