Senin 22 Nov 2021 07:34 WIB

Haruskah Pochettino Berlabuh ke Old Trafford?

Pochettino dikabarlah telah frustrasi mengelola ruang ganti PSG.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Reaksi pelatih kepala PSG Mauricio Pochettino saat pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Paris Saint-Germain di Manchester, Inggris, 04 Mei 2021
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Reaksi pelatih kepala PSG Mauricio Pochettino saat pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Paris Saint-Germain di Manchester, Inggris, 04 Mei 2021

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Mauricio Pochettino dikabarkan bakal bergabung dengan Manchester United. Ia salah satu kandidat pengganti Ole Gunnar Solskjaer.

Oleh karenanya, ia siap keluar dari Paris Saint-Germain (PSG). Pochettino menjadi pelatih PSG sejak awal Januari 2021. Dalam enam bulan pertama, ia menyesuaikan diri.

Setelahnya, ia menjalani kampanye musim 2021/22 bersama Les Parisiens dengan gemilang. Hingga kini timnya dalam tren positif. Kylian Mbappe dan rekan-rekan kokoh di puncak klasemen Ligue 1 Prancis. Les Rouge-et-Bleu juga selangkah lagi lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Pochettino memiliki keistimewaan mengelola beberapa pemain kelas dunia. Tiga di antaranya ada Mbappe, Neymar jr, dan Lionel Messi. "Tapi dia siap melepas semuanya, jika United menghubunginya," demikian laporan yang dikutip dari Givemesport.com, Senin (22/11).

Sang arsitek dikabarkan tidak bahagia di ibu kota Prancis itu. Ia tinggal di hotel. Sementara keluarganya bertahan di London. Sebelumnya, ia bertahun-tahun membesut Tottenham Hotspur.

Menurut Daily Mail, Pochettino frustrasi mengelola ruang ganti PSG. Pria Argentina ini merupakan pilihan Sir Alex Ferguson untuk menggantikan Soslkjaer. Pengamat sekaligus mantan penggawa MU, Gary Neville yakin Poche akan bergabung dengan the Red Devils.

"Saya pikir Mauricio Pochettino, meskipun dia tidak pernah mengatakannya, dia akan datang ke Man United dengan kontrak lima tahun," ujar Neville.

Pada akhirnya, Neville berharap eks klubnya bersabar. Hendaknya manajemen United benar-benar mencari sosok yang tepat. Tak mengapa jika harus menunggu sampai enam bulan ke depan. Asalkan bisa menemukan pelatih yang cocok untuk mengeluarkan kemampuan terbaik Cristiano Ronaldo dkk.

Sebelumnya, melalui media sosial, the Red Devils mengumumkan keputusan mereka. Kabar mengenai hal ini sudah berhembus kencang dalam beberapa jam terakhir. Pada akhirnya, ada pernyataan resmi yang terdengar.

"Manchester United telah mengonfirmasi, Ole Gunnar Solskjaer telah meninggalkan perannya sebagai pelatih," demikian tulisan di twitter resmi United.

MU hanya meraih empat kemenangan dalam 13 laga terakhir di berbagai kompetisi. Sisanya, Bruno Fernandes dan rekan-rekan merasakan dua hasil imbang, dan tumbang di tujuh laga. Teranyar, skuat Iblis Merah terkapar di markas Watford FC.

Kedua tim bertemu pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris. United menyerah 1-4 dari the Hornets di Vicarage Road, Sabtu (20/11) malam WIB. Kekalahan tersebut membuat Solskjaer benar-benar berada di bawah tekanan.

Para petinggi MU sampai mengadakan pertemuan darurat. Jurnalis sekaligus pakar transfer, Fabrizio Romano menyampaikan hal serupa. Intinya, hanya masalah waktu, pemecatan Solskjaer bakal terjadi.

Kini rumor tersebut menjadi kenyataan. Pria Norwegia itu menangani the Red Devils dalam 168 pertandingan. Secara resmi terhitung sejak 19 Desember 2018 hingga 21 November 2021.

Selama periode tersebut ia mengoleksi 91 kemenangan. Sisanya, pasukan Old Trafford mengalami 40 kekalahan dan 37 duel berkesudahan sama kuat. Sejumlah nama mulai disebut-sebut bakal menjadi suksesor Solskjaer.

Dimulai dari Zinedine Zidane, Mauricio Pochettino, Unai Emery, Eric ten Hag, hingga Ralf Rangnick. Tapi sebelum semuanya dipastikan, United masih memiliki laga penting di depan mata. Wakil Inggris itu akan bertamu ke markas Villarreal.

Dua tim itu bertemu pada matchday kelima Grup F Liga Champions. Michael Carrick, dikabarkan menjadi pelatih sementara Cristiano Ronaldo dkk di Estadio de la Ceramica, Rabu (24/11) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement