Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Bekuk Leeds, Spurs Merangsek ke Posisi Ketujuh

Senin 22 Nov 2021 01:55 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte (depan) merayakan kemenangan timnya atas Leeds United.

Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte (depan) merayakan kemenangan timnya atas Leeds United.

Foto: EPA/FACUNDO ARRIZABALAGA
Spurs hanya kalah selisih gol dari Wolves yang duduk di posisi enam klasemen.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur akhirnya sukses kembali ke trek kemenangan pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris, tepatnya saat menjamu Leeds United, Senin (22/11) dini hari WIB. Sempat tertinggal satu gol pada babak pertama, tim besutan Antonio Conte itu menutup laga dengan kemenangan, 2-1, via gol dari Pierre Hojbjerg dan Sergio Reguillon pada babak kedua.

Tambahan tiga angka ini mendongkrak posisi Spurs di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris. Mengakhiri pekan ke-11 di posisi ke-10, the Lilywhites merangsek ke peringkat ketujuh dengan koleksi 19 poin dari 12 laga.

Baca Juga

Spurs hanya kalah jumlah selisih gol dari Wolverhampton Wanderes, yang duduk di posisi keenam. Buat the Whites, kekalahan ini membuatnya masih terpaku di peringkat ke-17 klasemen sementara. Leeds mengumpulkan 17 poin dari 12 laga, hanya terpaut dua poin dari zona degradasi.

Leeds awalnya mampu merepotkan tim tuan rumah. Kedisiplinan, pressing ketat, dan performa enerjik anak-anak asuh Marcelo Bielsa bisa meredam serangan yang dibangun the Lillywhites. Bahkan, the Whites cendernung mampu mengendalikan permainan via penguasaan bola.

Hingga setengah jam laga, Leeds mengemas 58 persen penguasaan bola, berbanding 42 persen yang ditorehkan Spurs. Keberhasilan mengendalikan permainan via pengusaan bola ini dilengkapi Leeds lewat tiga tembakan, termasuk satu tembakan tepat ke arah gawang.

Sedangkan Spurs belum benar-benar bisa menebar ancaman ke gawang Leeds United. Tim besutan Antonio Conte itu hanya bisa dua kali melepaskan tembakan tanpa satu pun mengarah ke gawang.

Pada menit ke-44, serangkaian tekanan yang dilakukan the Whites akhirnya berbuah maksimal. Sodorang umpan Jack Harrison dari sisi kanan pertahanan Spurs berhasil disambar oleh Daniel James.

Eks winger Manchester United itu mengarahkan umpan derasn dan terukur Harisson di depan mulut gawang Spurs. Kiper Spurs, Hugo Lloris, tak bisa berbuat banyak dalam menghalau aksi James tersebut. Gol ini sekaligus menandai berakhir babak pertama laga yang digelar di Stadion Tottenham Hotspur tersebut.

Pada babak kedua, performa Spurs jauh lebih baik. Harry Kane dan kawan-kawan terlihat lebih percaya diri dan lebih cepat dalam mengalirkan bola guna membongkar pertahanan tim tamu.

Spurs nyaris menyamakan kedudukan via aksi Son Heung-Min pada menit ke-52. Sayangnya, sepakan pemain asal Korea Selatan itu masih membentur mistar gawang.

Lima menit berselang, Spurs akhirnya benar-benar bisa menyamakan kedudukan. Kebuntuan Spurs dalam membongkar pertahanan Leeds United dipecahkan oleh Pierre Hojbjerg.

Gelandang bertahan asal Denmark itu melepaskan sepakan kaki kiri dari tepi kotak penalti setelah menerima umpan dari Lucas Moura. Gol ini menjadi gol perdana Spurs di Liga Primer Inggris setelah resmi ditangani Conte.

Pasca-gol ini, Spurs makin agresif untuk bisa mencetak gol tambahan. Puncaknya, diawali dari pelanggaran Liam Cooper terhadap Moura di tepi kotak penalti, the Lilywhites mencetak gol kedua di laga ini pada menit ke-68.

Bola hasil eksekusi tendangan bebas Eric Dier sempat berubah arah lantaran membentur pagar betis pemain the Whites. Bola kemudian membentur mistar gawang dan langsung disambar Sergio Reguillon, yang menjadi pemain dengan reaksi tercepat pasca-bola membentur mistar gawang.

Tampil buruk dan tertinggal satu gol pada babak pertama, Spurs berhasil bangkit dan menutup laga dengan kemenangan, 2-1. Ini menjadi kemenangan perdana klub asal London Utara itu setelah memetik dua kekalahan dan satu hasil imbang di tiga laga sebelumnya di arena Liga Primer Inggris.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA