Senin 22 Nov 2021 02:06 WIB

Menikmati Kesejukan Titik Nol Kali Brantas

Air Sumber Brantas mengalir sepanjang 320 km hingga bermuara ke Selat Madura.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Friska Yolandha
Masyarakat membasuh wajah dengan menggunakan air di titik nol Kali Brantas, Arboretum Sumber Brantas,  Bumiaji, Kota Batu.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Masyarakat membasuh wajah dengan menggunakan air di titik nol Kali Brantas, Arboretum Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu.

REPUBLIKA.CO.ID, Wilda Firziyani

MALANG -- Suasana sejuk yang dipenuhi rerimbunan pohon hijau begitu terasa saat menginjakkan kaki di Arboretum Sumber Brantas. Terletak di Desa Sumberbrantas, Bumiaji, Kota Batu, titik nol Kali Brantas ini menyajikan pemandangan alam yang tiada tandingannya.

Baca Juga

Untuk bisa mencapai Arboretum, masyarakat memang harus menggunakan kendaraan pribadi lantaran tidak ada kendaraan umum. Apalagi jarak tempuh ke lokasi cukup jauh dan memakan waktu lama. Dari titik Stasiun Kota Malang misalnya, bisa mencapai 36,8 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 31 menit. 

Namun mayarakat tidak perlu khawatir dengan pemandangan sebelum memasuki Arboretum Sumber Brantas. Terletak di lereng Gunung Arjuno-Welirang, membuatnya dipenuhi pemandangan alam menakjubkan. Ada berbagai tanaman sayuran, pohonan dan gunung serta awan biru yang menyelimuti di sekitar kaki langit tersebut. 

Saat berada di gerbang Arboretum Sumber Brantas, memang tidak ada istimewa selain suasana tenang dan sejuknya alam. Masyarakat tidak bisa langsung menyaksikan titik nol Kali Brantas lantaran harus berjalan kali kembali. Masyarakat setidaknya harus menempuh jarak 700 meter dari kantor Arboretum Sumber Brantas untuk menuju asal usul sungai yang menjadi sumber penghidupan masyarakat Jawa Timur (Jatim).

Rerimbunan pohon dan lumut di sepanjang jalan terlihat nyata saat hendak memasuki area titik nol Kali Brantas. Ditambah lagi, terdapat beberapa pucuk tanaman bunga yang membuat suasananya semakin indah. Di sepanjang perjalanan, masyarakat juga akan disuguhi aliran kecil Kali Brantas yang berhulu pada pusatnya.

Gambaran titik nol Sumber Brantas bukan seperti sungai besar dengan aliran deras pada umumnya. Potretnya lebih pada lubang air ukuran sedang yang memiliki kedalaman 1,25 meter. Dari titik ini, air mengalir sepanjang 320 kilometer (km) hingga bermuara ke Selat Madura.

photo
Titik nol Kali Brantas di Arboretum Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu. - (Republika/Wilda Fizriyani)

Pengunjung diperkenankan mencicipi dan membasuh muka dengan mata air tersebut secara langsung. Ada rasa kesegaran yang begitu terasa saat meminumnya. Bahkan, terdapat mitos yang mengatakan air tersebut bisa membuat seseorang awet muda.

Meskipun terasa menyenangkan bisa mengunjungi Arboretum Sumber Brantas, saat ini tempat tersebut tidak lagi terbuka untuk umum. Penutupan ini terjadi setelah banyak pengunjung yang memetik bunga di kawasan konservasi tersebut. Sebab itu, saat ini hanya beberapa kalangan yang memiliki izin tertentu yang bisa memasukinya.

Manajer Utama Regional I Perum Jasa Tirta (PJT) I, Viari Djajasinga, mengatakan, Sumber Brantas merupakan titik awal dari rangkaian aliran air di DAS Brantas. "Yang mana di sini kontinu mengalir sepanjang tahun, baik musim hujan, basah bahkan kemarau tetap mengalir," kata Viari saat ditemui wartawan di Arboretum Sumber Brantas, Kota Batu.

Untuk besaran alirannya, Viari menegaskan, jumlahnya bervariasi tetapi dipastikan selalu mengalir setiap saat. Pada saat musim kering 2019 lalu, rata-rata besaran alirannya sekitar 1,5 liter per detik sampai 3 liter per detik. Meksipun kecil, alirannya kontinu sehingga debit Sumber Brantas termasuk yang paling konstan sepanjang tahun.

Warga Kota Malang, Alfi Syahri mengaku baru pertama kali mengunjungi Arboretum Sumber Brantas. Hal ini bisa dilakukan karena dia mendapatkan undangan resmi dari PJT I untuk mengikuti kegiatan di lokasi. Oleh karena itu, kunjungan ini menjadi pengalaman luar biasa untuknya.

Ada berbagai hal yang dia dapatkan selama mengunjungi Arboretum Sumber Brantas. Selain dapat mengetahui bentuk titik nol Kali Brantas, dia juga bisa menyaksikan suasana alam yang begitu menenangkan. "Semoga ini semua bisa terjaga karena sumber tersebut menjadi salah satu penopang masyarakat Jawa Timur," ucap pria asal Blitar ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement