Ahad 21 Nov 2021 15:20 WIB

Kemenhub Apresiasi NAM Air Tambah Rute Jakarta-Natuna

Penambahan rute Jakarta-Natuna akan mendukung konektivitas masyarakat dua daerah.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Petugas mendorong troli di Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2). NAM Air menambah rute penerbangan dari Jakarta (Bandar Udara Soekarno-Hatta) menuju Natuna (Bandar Udara Ranai) mulai Sabtu (20/11).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Petugas mendorong troli di Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2). NAM Air menambah rute penerbangan dari Jakarta (Bandar Udara Soekarno-Hatta) menuju Natuna (Bandar Udara Ranai) mulai Sabtu (20/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut positif penambahan rute Jakarta-Natuna yang dilakukan oleh NAM Air. Penerbangan perdana maskapai NAM Air yang telah menambah rute penerbangan dari Jakarta (Bandar Udara Soekarno-Hatta) menuju Natuna (Bandar Udara Ranai) dilakukan pada Sabtu (20/11).

“Langkah maskapai penerbangan ini dapat mendukung konektivitas dan aksesibilitas masyarakat, dari dan ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, yang merupakan salah satu daerah terluar di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (21/11).

Baca Juga

Novie meminta NAM Air untuk tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam penerbangan. Dia menilai hal tersebut merupakan unsur penting dalam menjamin kesehatan pengguna jasa transportasi udara terutama dalam mencegah penularan Covid-19.

Dia mengharapkan, rute baru tersebut segera dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. “Rute baru ini bisa dijalankan karena adanya kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak maskapai,” ujar Novie.

Sementara itu, Kepala Bandar Udara Ranai, Natuna Gatot Riadi menjelaskan penerbangan perdana rute Jakarta-Natuna melalui Batam oleh NAM Air tersebut merupakan penerbangan charter. Penerbangan tersebut dijadwalkan satu kali dalam sepekan setiap Sabtu dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-500.

“Pesawat milik maskapai NAM Air dengan nomor registrasi PK-NAM, telah mendarat di Bandara Ranai pukul 11.30 waktu setempat, dengan membawa 115 penumpang dari Jakarta, Setelah sebelumnya transit di Batam,” jelas Gatot.

Pesawat kemudian kembali menuju Jakarta pukul 12.55 waktu setempat dengan membawa 93 penumpang dengan terlebih dahulu transit di Batam. Gatot memastikan, semua proses keberangkatan dan kedatangan melewati tahap pemeriksaan administrasi dan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Sebelumnya, Direktur Niaga Sriwijaya Air Group Henoch Rudi mengatakan NAM Air semakin fokus untuk mengembangkan rute-rute yang potensial. Hal tersebut dilakukan setelah sebelumnya baru saja membuka rute penerbangan Jakarta-Bali pada 10 November 2021.

“Kini kami akan mengembangkan rute penerbangan kami ke Natuna, Kepulauan Riau, mulai 20 November 2021. Rute ini kami buat dengan harapan dapat mendukung masyarakat Natuna guna membangkitkan kembali perekonomian yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19,” jelas Henoch.

Henoch memastikan, calon penumpang NAM Air sudah bisa memesan penerbangan Jakarta-Natuna via Batam dan sebaliknya melalui aplikasi Sriwijaya Air Mobile. Pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui website resmi NAM Air www.flynamair.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement