Ahad 21 Nov 2021 09:38 WIB

Houthi Tembak Beberapa Kota di Arab Saudi

Houthi Tembak Beberapa Kota di Arab Saudi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Hafil
Serangan drone Houthi ke fasilitas pengolah minyak Arab Saudi, Abqaiq, menyebabkan kebakaran dan menghentikan setengah pasokan minyak di Buqyaq, Arab Saudi, Sabtu (14/9). Terlihat asap kebakaran membumbung.
Foto: Al-Arabiya via AP
Serangan drone Houthi ke fasilitas pengolah minyak Arab Saudi, Abqaiq, menyebabkan kebakaran dan menghentikan setengah pasokan minyak di Buqyaq, Arab Saudi, Sabtu (14/9). Terlihat asap kebakaran membumbung.

IHRAM.CO.ID,KAIRO -- Gerakan Houthi Yaman yang bersekutu dengan Iran mengatakan pada Sabtu (20/11) bahwa telah menembakkan 14 pesawat nirawak ke beberapa kota Arab Saudi, termasuk di fasilitas Aramco di Jeddah. Sehari sebelumnya, koalisi pimpinan Saudi yang memerangi Houthi di Yaman  telah menghancurkan tiga drone yang diluncurkan ke selatan Arab Saudi dan yang keempat di Yaman.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengatakan bahwa kelompok itu telah menyerang kilang Aramco di Jeddah serta target militer di Riyadh, Jeddah, Abha, Jizan dan Najran. Pernyataan Sarea mengandung ketidakakuratan karena menyebutkan nama yang salah untuk bandara internasional di Jeddah dan lokasi yang salah untuk pangkalan Raja Khalid, sebab dia menyatakan itu berada di Riyadh padahal sebenarnya di selatan kerajaan.

Baca Juga

Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan pada Sabtu bahwa mereka telah menyerang 13 sasaran selama operasi militer melawan Houthi di Yaman. Operasi itu menghantam depot senjata, sistem pertahanan udara, dan sistem komunikasi pesawat nirawak di provinsi Sanaa, Saada, dan Marib.

Kilang Aramco di Jeddah dinonaktifkan pada 2017 tetapi memiliki pabrik distribusi produk minyak di sana yang sebelumnya ditargetkan oleh Houthi pada Maret. Houthi telah berulang kali melancarkan serangan lintas perbatasan ke Arab Saudi menggunakan drone dan rudal sejak koalisi melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015 usai kelompok itu menggulingkan pemerintah yang didukung Saudi dari ibu kota, Sanaa.

Upaya yang dipimpin oleh PBB dan Amerika Serikat untuk merancang gencatan senjata di Yaman telah terhenti. Konflik yang dilihat sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran, telah mengalami kebuntuan militer selama bertahun-tahun. 

Sumber:

https://www.reuters.com/world/middle-east/yemens-houthis-say-they-attacked-saudi-cities-aramco-facilities-2021-11-20/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement