Ahad 21 Nov 2021 07:37 WIB

Gubernur Sumbar Ingin Evaluasi Pelayanan Kesehatan

Evaluasi pelayanan kesehatan dinilai gubernur Sumbar penting.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Gubernur Sumbar Ingin Evaluasi Pelayanan Kesehatan. Foto: Mahyeldi Ansharullah
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Gubernur Sumbar Ingin Evaluasi Pelayanan Kesehatan. Foto: Mahyeldi Ansharullah

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG-- Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi, mengingatkan pentingnya evaluasi terhadap kinerja di bidang kesehatan. Menurut Mahyeldi, harus ada perubahan yang harus dilakukan guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Pandemi covid-19 sudah mengajarkan pada kita bahwa masih banyak kekurangan dalam sistem kesehatan. Ini harus evaluasi. Hasilnya dijadikan dasar untuk berubah menjadi lebih baik," kata Mahyeldi saat membuka acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional di Padang beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan menurutnya perbedaan pelayanan kesehatan di Indonesia dengan luar negeri. Ia menilai banyaknya masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri adalah karena pelayanan prima yang ditawarkan pada fasilitas kesehatan di sana.

Ia juga menyoroti sistem tenaga kesehatan yang bekerja di banyak tempat sehingga pelayanan sering tidak maksimal. Jika perlu Dinas Kesehatan di daerah perlu mempersyaratkan kecukupan SDM dalam izin pembangunan RS.

Mahyeldi mengatakan sudah meminta Balitbang untuk membuat perencanaan induk sektor kesehatan di Sumbar yang mencakup RS, tenaga kesehatan hingga SDM pendukungnya.

"Covid menyadarkan kita akan pentingnya pelayanan kesehatan yang prima," ujar Mahyeldi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement