Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Walau Menang, Xavi Nilai Barcelona Harus Perbaiki Banyak Hal

Ahad 21 Nov 2021 06:35 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memberikan perintah dalam laga melawan Espanyol. Barcelona menang 1-0 lewat gol penalti Memphis Depay.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memberikan perintah dalam laga melawan Espanyol. Barcelona menang 1-0 lewat gol penalti Memphis Depay.

Foto: EPA-EFE/Quique Garcia
Xavi raih kemenangan pada debutnya sebagai pelatih Barcelona, kalahkan Espanyol 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Xavi Hernandez menandai debutnya sebagai pelatih Barcelona dengan positif. Blaugrana memetik kemenangan 1-0 aatas Espanyol dalam laga derby Katalunya di Camp Nou, Ahad (21//11) dini hari WIB. Walau menang, Xavi realistis timnya belum menampilkan performa terbaik. Ia paham masih banyak ruang untuk berkembang bagi timnya.

Blaugrana dipaksa bertahan dari gempuran Espanyol. Namun penalti Memphis Depay cukup untuk mengamankan tiga poin bagi Xavi.

Baca Juga

“Yang paling saya sukai dari pemain adalah sikap mereka. Tentu ada hal-hal yang harus kami perbaiki. Faktanya, ada banyak,” kata Xavi kepada Barcelona TV, dikutip Football Espana.

Ia menegaskan Barcelona tidak dalam situasi terbaik dan Espanyol memberi mereka banyak masalah.Namun secara umum ia menilai Barcelona layak mendapatkan kemenangan. Ia mengaku sangat bahagia untuk itu.

“Penontonnya luar biasa. Saya belum pernah ke Camp Nou dalam hampir enam tahun dan suasananya telah banyak berubah, tetapi saya menyukainya,” kata Xavi.

Xavi membuat keputusan besar dengan memberikan debut kepada bintang muda La Masia Ilias Akhomach menggantikan Ansu Fati yang tak sepenuhnya bugar. Akhomach tampil impresif di 45 menit pertama sebelum digantikan oleh debutan lain dari tim junior, yakni Abdessamad Ezzalzouli.

Pasangan ini bergabung dengan daftar pemain akademi yang terus bertambah masuk ke tim utama dalam 12 bulan terakhir. Xavi memuji habis penampilan keduanya yang dinilai cemerlang.

“Ilias dan Abde memainkan permainan yang hebat. Mereka berbakat dan penting untuk memiliki generasi pesepak bola yang akan banyak membantu kami,” kata Xavi.

Tugas berat berikutnya sudah menanti Xavi. Barcelona harus menaklukkan Benfica untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA