Ahad 21 Nov 2021 02:06 WIB

IDAI: Indonesia Sedang Bertempur Melawan Mortalitas Bayi

Saat ini Indonesia sedang menuju Sustainable Development Goal.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Muhammad Fakhruddin
IDAI: Indonesia Sedang Bertempur Melawan Mortalitas Bayi (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
IDAI: Indonesia Sedang Bertempur Melawan Mortalitas Bayi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pekan ini mengumumkan secara resmi pelantikan Ketua Umum Pengurus Pusatnya, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) untuk periode 2021-2024.

Dalam sambutannya, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengatakan, saat ini Indonesia sedang menuju Sustainable Development Goal (SDG) dan juga menuju Indonesia Emas 2045 khususnya pada poin ketiga yaitu Good Health and Wellbeing (Kesehatan yang baik dan Kesejahteraan).

“Tujuan kesehatan anak ini merupakan tujuan besar dan membutuhkan waktu yang panjang untuk dicapai," kata Piprim dalam keterangannya, Sabtu (20/11).

Saat ini, kata Piprim, Indonesia sedang bertempur melawan morbiditas dan mortalitas bayi dan anak Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan dan kesehatan anak. Dengan rasa persatuan dan kesatuan, serta komunikasi yang rutin di IDAI Pusat dan Cabang.

"Maka kami berharap dapat memantau lebih detail perkembangan kesehatan anak di Indonesia guna menyiapkan langkah proaktif untuk membantu mencapai tujuan Program Nasional Kesehatan ini demi kesejahteraan anak-anak Indonesia," tegasnya.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin juga memintai IDAI terus mendukung program kesehatan nasional sesuai dengan visi misi Presiden RI. Program kesehatan di antaranya penurunan Angka Kematian Bayi dan Balita (AKB), pencegahan stunting.

"Kemudian peningkatan pengendalian penyakit baik menular maupun tidak menular serta penguatan Health Security untuk penanganan pandemi, penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), serta peningkatan sistem kesehatan nasional," kata Budi.

Ketua Umum IDAI dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Indonesia, dr Daeng M. Faqih, SH di kantor Pengurus Pusat IDAI. Selain menjabat sebagai Ketua Umum IDAI, Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) juga merupakan konsultan jantung anak dan banyak terlibat sebagai relawan dokter anak dalam sejumlah bencana internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement