Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Disdik Kota Tangerang Tambah 204 TK Gelar PTM

Ahad 21 Nov 2021 00:45 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Muhammad Fakhruddin

Disdik Kota Tangerang Tambah 204 TK Gelar PTM (ilustrasi).

Disdik Kota Tangerang Tambah 204 TK Gelar PTM (ilustrasi).

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Aktivitas sekolah dapat dimulai dengan kegiatan-kegiatan yang ringan.

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengizinkan tambahan sebanyak 204 sekolah jenjang taman kanak-kanak (TK) untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tahap dua pada Senin (22/11). Dengan adanya penambahan tersebut, TK di Kota Tangerang secara keseluruhan melaksanakan PTM.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, selain 204 TK, pada PTM terbatas tahap dua ini, pihaknya juga membuka sebanyak 158 pendidikan anak usia dini (PAUD), 14 pusat kegiatan belajar mengajar masyarakat (PKBM), dan 50 lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

“Totalnya, tahap dua diikuti 426 lembaga. Sama seperti tahap satu, orang tua murid sudah harus divaksinasi Covid-19, jika belum terpaksa anaknya belum dapat mengikuti PTM,” ujar Jamaluddin dalam keterangannya, Sabtu.

Dia menuturkan, aturan lain yang wajib dilakukan yaitu batas maksimal menghelat skema belajar tatap muka satu kali dalam seminggu. Kemudian, dilarang adanya aktivitas pedagang yang berjualan di area sekolah sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami akan bekerjasama dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait. Mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP untuk menjaga keberlangsungan atau keamanan PTM terbatas dapat berjalan dengan lancar sesuai SOP yang berlaku,” terangnya.  

Jamaluddin mengimbau, aktivitas sekolah dapat dimulai dengan kegiatan-kegiatan yang ringan atau bersifat senang-senang terlebih dahulu. Atau membangun suasana yang santai bagi anak-anak supaya dapat saling kenal.

“Sehingga secara mental akan berproses secara perlahan. Tidak kaget dengan suasana sekolah, setelah sekian lama hanya berkecimpung dengan aktivitas rumah atau lingkungan sekitar rumah saja. Sedikit-sedikit baru mulai aktivitas belajar KBM sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan PTM bagi sekolah jenjang TK di Kota Tangerang dimulai pada Senin, 15 November 2021 lalu. Pada pelaksanaan PTM tahap satu itu, sebanyak 495 TK, KB (kelompok bermain), SPS (satuan PAUD sejenis), PKBM, dan LKP. Pelaksanaan PTM jenjang TK/ sederajat di Kota Tangerang dilakukan dalam dua tahapan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA