Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

5 Nama Allah SWT yang Tegaskan Kemahaadilannya  

Sabtu 20 Nov 2021 16:55 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT merupakan Dzat yang keadilannya tak terbatas Ilustrasi Lafadz Allah

Allah SWT merupakan Dzat yang keadilannya tak terbatas Ilustrasi Lafadz Allah

Foto: Foto : MgRol112
Allah SWT merupakan Dzat yang keadilannya tak terbatas

REPUBLIKA.CO.ID, —Allah Subhanahu wa Ta’ala, adalah Yang Maha-Adil dan itu merupakan salah satu nama Allah. Namun ternyata ada lima nama Allah yang berarti adil. 

Dilansir di aboutislam.net, kelima nama Alah SWT yang mempunyai persamaan makna dengan adil tersebut adalah sebagai berikut:   

Baca Juga

Pertama, Al Hakam  

Nama Allah, Al Hakam, mengacu pada besarnya kekuasaan Allah untuk menghakimi dan mengadili dengan keadilan yang sempurna. Itu jauh di atas dan di luar penilaian dan arbitrase makhluk ciptaan mana pun. Al Hakam sebagaimana terdapat dalam surat Al Anam ayat 114:  

أَفَغَيْرَ اللَّهِ أَبْتَغِي حَكَمًا وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ إِلَيْكُمُ الْكِتَابَ مُفَصَّلًا ۚ وَالَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْلَمُونَ أَنَّهُ مُنَزَّلٌ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

“Pantaskah aku mencari hakim selain Allah, padahal Dialah yang menurunkan Kitab (Alquran) kepadamu secara rinci? Orang-orang yang telah Kami beri Kitab mengetahui benar bahwa (Alquran) itu diturunkan dari Tuhanmu dengan benar. Maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu.” 

Kedua, Al Adl 

Al Adl adalah Dzat yang berhak membuat semua keputusan yang Dia buat. Dia adalah perwujudan keadilan. Al Adl, Yang Adil, dan Dia tidak memihak. Dalam surat Al Hadid ayat 25 Allah SWT berfirman:  

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ وَالْمِيزَانَ لِيَقُومَ النَّاسُ بِالْقِسْطِ ۖ وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

"Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan Kami turunkan bersama mereka Kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa." 

Ketiga, Al Fattah

Sementara Al Fattah adalah Pembuka, Dzat yang membuka semua pintu rahmat, keuntungan dan rezeki, nama ini juga menyiratkan Dzat yang menghakimi di antara manusia dengan keadilan yang sempurna. Allah adalah Dzat yang menggunakan penilaian-Nya yang paling sempurna untuk memutuskan apa yang akan dibukakan.

Keempat, Al Muqsith  

Yang Maha-Adil. Tuhan itu adil dan tidak memihak. Dialah yang membela kaum tertindas dan membantu mereka menghadapi penindas mereka. Dikatakan bahwa Al Muqsith adalah Dzat yang menyadarkan orang-orang yang melakukan pelanggaran. 

Kelima, Ad Dayyan

Hakim. Secara bahasa, dayyan berarti menghakimi. Ad Dayyan adalah Dia yang menilai perbuatan kita dan memberi penghargaan atau hukuman yang sesuai.   

Al Halimi mengatakan Ad Dayyan-lah Yang Memperhitungkan dan Membalas. Dia yang membalas kebaikan dengan kebaikan dan kejahatan dengan kejahatan, dan Dia tidak akan pernah membiarkan pekerjaan siapa pun pria atau wanita hilang.

 

Sumber: aboutislam  

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA