Jumat 19 Nov 2021 22:27 WIB

Pakistan akan Latih Personel Penerbangan Afghanistan

Pakistan dan Afghanistan sepakati kerjasama bidang penerbangan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Pakistan dan Afghanistan sepakati kerjasama bidang penerbangan. Bendera Pakistan.
Foto: EPA
Pakistan dan Afghanistan sepakati kerjasama bidang penerbangan. Bendera Pakistan.

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD – Pakistan akan melatih personel penerbangan Afghanistan dalam pengendalian lalu lintas udara dan operasi bandara. 

Hal itu diungkapkan para pejabat Pakistan di Islamabad, Kamis (18/11), menyusul kunjungan Menteri Luar Negeri sementara Afghanistan, Amir Khan Muttaqi, ke Pakistan pekan lalu. 

Baca Juga

Juru bicara kantor luar negeri Pakistan, Asim Iftikhar, mengkonfirmasi kepada Arab News bahwa Islamabad siap menawarkan pengembangan kapasitas profesional kepada warga Afghanistan di bidang yang diperlukan, termasuk penerbangan.

Wakil Sekretaris Divisi Penerbangan Pakistan, Noor Ahmed, mengatakan kepada Arab News bahwa maskapai penerbangan nasional Pakistan International Airlines dan Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan (PCAA) siap membantu personel Afghanistan.

Direktur transportasi udara PCAA, Irfan Sabir, yang merupakan bagian dari delegasi Pakistan selama kunjungan menteri luar negeri Afghanistan ke Islamabad, mengatakan bahwa Afghanistan telah meminta mereka untuk memberikan pelatihan dalam kontrol lalu lintas udara, kontrol radar, pemeliharaan pesawat dan pelatihan operasional serta pelatihan operasi bandara. 

Dia menambahkan, pelatihan tersebut akan berlangsung di Institut Pelatihan Penerbangan Sipil di Hyderabad dan akan dimulai segera setelah kedua negara menandatangani nota kesepahaman, yang rinciannya saat ini sedang dikerjakan. "Setelah MOU kami tandatangani, maka kami akan menerima peserta pelatihan dari Afghanistan," kata Noor Ahmed, dilansir di Arab News, Jumat (19/11). 

Dalam sebuah pernyataan awal pekan ini, Kedutaan Afghanistan di Islamabad mengatakan bahwa kedua belah pihak telah sepakat bahwa Pakistan akan memberikan pelatihan profesional kepada personel penerbangan Afghanistan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement