Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Pelni Operasikan Tiga Kapal Layani Mudik Nataru dari Timika

Sabtu 20 Nov 2021 04:05 WIB

Red: Nidia Zuraya

Kapal Pelni. iludtrasi

Kapal Pelni. iludtrasi

Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Tidak ada kenaikan harga tiket kapal Pelni menjelang liburan Nataru tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Manajemen PT Pelni (Persero) mengoperasikan tiga kapal motor untuk melayani para penumpang yang hendak mudik ke kampung halaman mereka dari Pelabuhan Pomako Timika menghadapi hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).Kepala Cabang Pelni Timika Erwin Kurniansyah di Timika, Jumat (19/11), mengatakan tiga kapal penumpang tersebut yaitu KM Tatamailau, KM Sirimau dan KM Leuser.

Dalam kurun waktu satu bulan ke depan, katanya, ketiga kapal tersebut secara bergiliran akan melayani pelayaran dari dan ke Pelabuhan Pomako Timika selama delapan kali dengan tujuan 24 pelabuhan baik ke wilayah timur maupun ke wilayah barat."Dalam satu bulan ke depan, kami mengoperasikan tiga kapal untuk mengangkut penumpang yang hendak pulang ke kampung halaman mereka atau ada keperluan lain dengan menumpang kapal Pelni," ujar Erwin.

Baca Juga

Menurut dia, setiap penumpang yang akan bepergian menggunakan tiga kapal tersebut wajib mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah yaitu menggunakan masker, dan menjaga jarak di atas kapal. Selain itu, para penumpang wajib telah divaksin Covid-19 dan menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 yang dibuktikan dari hasil swab antigen.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Erwin memprediksi jumlah penumpang yang akan berangkat mudik dari Pelabuhan Pomako Timika ke daerah asalnya menjelang Nataru tahun ini akan meningkat drastis dibanding hari-hari biasanya. Di sisi lain pemerintah sudah mengeluarkan imbauan agar warga tidak bepergian selama liburan Nataru untuk mencegah penularan Covid-19, dengan akan menerapkan kembali kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III di seluruh wilayah di Indonesia.

Erwin menegaskan tidak ada kenaikan harga tiket kapal Pelni menjelang liburan Nataru tahun ini. Harga tiket kapal Pelni masih sama seperti sebelumnya.

KM Tatamailau selama ini melayani rute pelayaran Timika-Agats hingga ke Merauke untuk ke wilayah timur, sedangkan ke wilayah barat melayani pelayaran Timika-Tual-Fakfak-Sorong-Tidore hingga Bitung Sulawesi Utara.

Adapun KM Sirimau melayani pelayaran Timika-Agats hingga Merauke ke wilayah timur, sedangkan ke wilayah barat melayani pelayaran Timika-Dobo-Tual-Saumlaki-Kalabahi-Kupang-Lewoleba-Maumere-Baubau-Wanci-Ambon-Sorong hingga Manokwari.Sedangkan Leuser melayani pelayaran Timika-Agats hingga Merauke ke wilayah timur, sedangkan ke wilayah barat melayani pelayaran Timika-Dobo-Tual-Saumlaki-Ambon-Namrole-Wanci-Baubau-Makassar-Labuan Bajo-Bima-Benoa hingga Surabaya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA