Jumat 19 Nov 2021 20:45 WIB

Petrokimia Gresik Raih Gold Rank di Ajang ASRRAT 2021

Nilai survei kepuasan lingkungan terhadap perusahaan mencapai 86.53 persen.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo saat membawa piala di ajang ASRRAT 2021, Jumat (19/11).
Foto: Istimewa
Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo saat membawa piala di ajang ASRRAT 2021, Jumat (19/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Petrokimia Gresik berhasil meraih predikat Gold Rank pada keikutsertaan perdananya di ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021. Predikat ini diraih atas penerapan standar pelaporan yang transparan serta praktik bisnis berkelanjutan.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo, menuturkan, transparansi merupakan komitmen Petrokimia Gresik sebagai tanggung jawab terhadap masyarakat dan stakeholder. “Petrokimia Gresik memberikan ruang kepada stakeholder untuk bisa mengakses laporan berkelanjutan perusahaan,” tuturnya, dalam keterangan, Jumat (19/11).

Baca Juga

Soesilo menambahkan, laporan berkelanjutan terbaru, Petrokimia Gresik mengusung judul 'Great for Indonesia'. Great merupakan akronim dari kata growth, excellence dan worthwhile. Dalam laporan tersebut disampaikan sepanjang 2020, Petrokimia Gresik telah menjalankan kinerja berkelanjutan di bidang melestarikan sumber daya. Yaitu total penggunaan air untuk proses produksi sebesar 31.917.109 m3, kemudian intensitas energi dalam proses produksi Petrokimia Gresik tahun 2020 mencapai 3,32 GJ/ton untuk produksi pupuk dan 5,7 GJ/ton.

Berikutnya, sustainability report Petrokimia Gresik juga memuat aspek aspek community development. Sepanjang 2020, Petrokimia Gresik telah melakukan investasi sosial kemasyarakatan senilai Rp 45,1 miliar. “Dana ini juga disalurkan Petrokimia Gresik untuk mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19, terlebih Petrokimia Gresik merupakan Koordinator Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur,” ujar Soesilo.

 

Petrokimia Gresik juga menyalurkan dana Program Kemitraan senilai Rp 38,25 miliar untuk 299 mitra. Kemudian mendistribusikan dana Program Bina Lingkungan senilai Rp 6,84 miliar. Di sisi nilai survei kepuasan lingkungan terhadap perusahaan mencapai 86.53 persen.

ASRRAT merupakan penganugerahan diberikan National Center for Sustainability Reporting (NCSR) yang berkolaborasi dengan Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP) kepada lembaga yang berhasil menerapkan kinerja berkelanjutan. Penilaiannya didasarkan pada standar GRI (Global Reporting Initiative).

Ajang penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah membuat laporan keberlanjutan dan mendorong peningkatan baik kuantitas maupun kualitas laporan. Selain itu juga meningkatkan komitmen perusahaan agar terus berkontribusi kepada lingkungan dan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement