Sabtu 20 Nov 2021 02:32 WIB

Studi Terbaru: Covid-19 Kemungkinan Berasal dari Pasar Wuhan

Sumber virus Covid-19 masih menjadi sumber utama ketegangan antara China-AS.

Virus Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Virus Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Menurut studi terbaru yang dilakukan sejumlah pakar di Amerika Serikat (AS) bahwa kasus Covid-19 pertama yang diketahui adalah pada seorang pedagang pasar di Kota Wuhan, China, bukan seorang akuntan yang terkait dengan kemungkinan kebocoran sebuah laboratorium. Akuntan tersebut sebelumnya digambarkan sebagai seseorang yang tidak ada hubungannya dengan pasar di kota tersebut namun kasusnyaberkaitan dengan spekulasi bahwa virus penyebab penyakit itu muncul dari kebocoran di laboratorium.

Sumber SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab Covid-19 masih menjadi sebuah misteri sekaligus sumber utama ketegangan antara China dan AS. Studi yang dilaksanakan China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun ini mematahkan teori bahwa Covid-19 bocor dari sebuah laboratorium. 

Baca Juga

Studi gabungan itu menyebutkan bahwa hipotesis yang paling mungkin adalah bahwa virus menginfeksi manusia secara alami, kemungkinan lewat perdagangan satwa liar. Tim ahli yang dipimpin WHO menghabiskan empat pekan di Kota Wuhan dan sekitarnya. Mereka didampingi oleh para ilmuwan China.

Melalui laporan gabungan pada Maret, mereka menyatakan bahwa virus SARS-CoV-2 kemungkinan ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain, namun butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan kesimpulan itu. Akuntan tersebut, yang banyak dianggap menjadi orang pertama yang terinfeksi Covid-19, melaporkan bahwa gejala pertama yang dialaminya muncul pada 16 Desember, beberapa hari kemudian dari yang diketahui sebelumnya.

Temuan itu disampaikan oleh kepala ekologi dan biologi evolusi di Universitas Arizona, Michael Worobey, dalam riset yang diterbitkan di jurnal Sciencepada Kamis (18/11). Kebingungan itu disebabkan oleh masalah gigi yang dialami orang tersebut pada 8 Desember.

"Gejalanya muncul setelah ada berbagai kasus pada pekerja di Pasar Huanan, menjadikan seorang perempuan pedagang makanan laut di sana sebagai kasus paling pertama yang diketahui, dengan penyakit dilaporkan muncul pada 11 Desember," kata studi tersebut.

Hasil penelitian itu menyebutkan sebagian besar kasus gejala awal terkait dengan pasar tersebut, khususnya di sebelah barat tempat anjing-anjing rakundikurung. Studi tersebut juga membeberkan bukti kuat bahwa pasar hewan hidup menjadi sumber pandemi.WHOpada Oktober mengusulkan panel ahli yang baru dibentuk untuk menyelidiki asal mula virus corona.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement