Jumat 19 Nov 2021 17:21 WIB

Pemerintah Pastikan Stok Vaksin Aman Hingga Akhir Tahun

Lebih dari 4 juta dosis AstraZeneca dan 800 ribu dosis Moderna tiba di Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mas Alamil Huda
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro memastikan stok vaksin di Indonesia cukup sampai akhir tahun,
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro memastikan stok vaksin di Indonesia cukup sampai akhir tahun,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, pemerintah memastikan stok vaksin Covid-19 di Indonesia aman hingga akhir tahun. Persediaan vaksin Covid-19 di Indonesia pada hari ini pun kembali bertambah. Lebih dari 4 juta dosis vaksin AstraZeneca dan 800 ribu dosis vaksin Moderna tiba di Indonesia.

“Ini menunjukkan betapa komitmen Pemerintah Indonesia menyediakan vaksin tetap tinggi,” ujar Reisa saat konferensi pers, Jumat (19/11).

Baca Juga

Menurut Reisa, pemerintah menekankan ke semua produsen vaksin untuk tetap berkomitmen memenuhi target pengiriman vaksin hingga akhir Desember 2021. Selain itu, pemerintah juga memastikan semua pengiriman tetap berjalan meski ada libur akhir tahun di negara produsen.

“Atau karena stok vaksin di Indonesia dianggap aman karena penyediaan dari Covax dan hibah berdatangan terus,” ujar dia.

 

Hibah dari sejumlah negara sahabat yang terus berdatangan menunjukkan perhatian dunia kepada Indonesia sangat besar. Selain itu, antusiasme masyarakat Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi pun tinggi.

Penyuntikan vaksin bisa mencapai rata-rata dua juta dosis per harinya. Bahkan, pada hari ini, sudah lebih dari 220 juta suntikan diberikan kepada masyarakat. Reisa menyebut, target WHO bahwa 40 persen warga divaksin lengkap pada akhir tahun ini pun sudah tercapai.

“Capaian-capaian Indonesia inilah yang diapresiasi oleh berbagai negara besar dan negara sahabat dan mendapat terus hibah vaksin dan apresiasi oleh fasilitas kerja sama internasional, seperti Covax dengan memastikan supply vaksin Covid-19 selalu tersedia di dalam negeri,” kata Reisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement