Kamis 18 Nov 2021 20:20 WIB

Sentuhan Teknologi Canggih Dua Masjid Suci

Setiap lini layanan dua masjid suci miliki sentuhan teknologi canggih dan modern.

Rep: Rizky Jaramaya, Zahrotul Octaviani, Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa
Foto: The National
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa

IHRAM.CO.ID, Oleh: Rizky Jaramaya, Zahrotul Octaviani, Fuji Eka Permana

Pemerintah Arab Saudi melalui Presidensi Urusan Dua Masjid Suci mengaplikasikan pemanfaatan teknologi guna memberikan layanan maksimal kepada para jamaah. Setiap lini layanan mulai mendapatkan sentuhan teknologi yang canggih dan modern.

Baca Juga

Terbaru, presidensi memanfaatkan teknologi robot multibahasa.  Robot ini akan membantu menjawab pertanyaan dari para jamaah dan memberikan panduan untuk melakukan ritual ibadah. Dilansir Middle East Monitor, Kamis (18/11), robot beroda empat ini dilengkapi dengan teknologi pintar dan layar sentuh sebesar 21 inci. Saudi Press Agency melaporkan, robot tersebut dapat berbicara dalam 11 bahasa termasuk Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Cina, Bengali, dan Hausa.  

Selain itu, robot tersebut juga memiliki pilihan untuk menghubungkan para jamaah dengan syeikh dan ulama melalui koneksi jarak jauh. Robot tersebut dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas untuk memastikan agar tidak menabrak orang atau benda.

 

photo

Serangan-Serangan di Masjidil Haram - (Data Republika)

Sebelumnya, Saudi meluncurkan robot desinfeksi di Masjidil Haram. Robot tersebut dapat bekerja selama empat jam, dengan kapasitas lebih dari 68 liter air. Robot itu dapat menjangkau area seluas 2.000 meter persegi per jam.

Saudi juga meluncurkan robot untuk mendistribusikan air dari sumur Zamzam kepada para jamaah. Robot itu dapat membagikan 30 botol air Zamzam, dan dapat bekerja hingga delapan jam tanpa campur tangan manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement