Kamis 18 Nov 2021 17:31 WIB

Granny Smith Jadi Apel Paling Sehat karena Kandungan Gizinya

Apel jenis 'granny smith' rendah gula dan karbohidrat tetapi kaya polifenol.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Apel jenis 'granny smith' rendah gula dan karbohidrat tetapi kaya polifenol.
Foto: Pixnio
Apel jenis 'granny smith' rendah gula dan karbohidrat tetapi kaya polifenol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia. Apel sangat bergizi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Menurut Healthline, apel adalah sumber serat, vitamin, mineral, dan polifenol, yakni sekelompok antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas pembawa penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan peradangan, mencegah penambahan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga

Meskipun semua apel sehat, ada beberapa varietas yang mungkin mengandung lebih banyak nutrisi daripada yang lain. Berdasarkan nilai gizinya, apel granny smith adalah jenis paling sehat di antara beragam apel yang ada.

Hal itu karena granny smith mengandung lebih rendah gula dan karbohidrat dibandingkan dengan varietas lain, dan mengandung lebih banyak fitonutrien dan polifenol. Apel granny smith juga sarat dengan pektin, yaitu sejenis serat larut yang dapat membantu mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Meskipun apel granny smith mungkin mengandung sedikit lebih banyak nutrisi daripada jenis apel lainnya, tetapi perbedaannya tidak cukup besar untuk melebihi preferensi pribadi Anda. 

"Perbedaan nutrisi di antara varietas apel (sangat) kecil. Tapi perbedaan rasanya besar. Jangan memilih apel berdasarkan perbedaan nutrisi  kecil jika Anda tidak menyukai rasanya,” kata Ahli Diet terdaftar, Mira Ilic, dilansir Health Digest, Kamis (18/11).

Namun, apel apa pun yang dikonsumsi dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan atau menjaga kesehatan. Semua apel adalah sumber utama serat dan antioksidan. Itulah mengapa yang terbaik adalah makan apel mana yang paling enak menurut selera pribadi.

Namun, bila lebih suka apel red delicious atau pink lady, pastikan untuk memilih apel yang segar dan jenis lokal. Apel yang lebih tua tidak bergizi seperti yang segar. 

Pilih apel yang keras dan bebas dari memar. Apel segar juga biasanya lebih cerah dan lebih berwarna, dan cenderung memiliki aroma yang lebih kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement