Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

KAI Luncurkan Dompet Digital KAIPay

Kamis 18 Nov 2021 17:24 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo.

Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
KAIPay diluncurkan karena meningkatnya kebutuhan ekosistem transportasi kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan KAIPay dihadirkan untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access.

“KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan,” kata Didiek dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (18/11).

Baca Juga

Dia menjelaskan, KAIPay diluncurkan karena semakin meningkatnya kebutuhan ekosistem transportasi kereta api. Khususnya untuk berbagai layanan secara digital yang dapat mendukung para pelanggan dalam beraktivitas.

Didiek menuturkan, melalui KAIPay, transaksi pembayaran akan semakin praktis. “Pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran,” ujar Didiek.

Dia menambahkan, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile. Selain itu juga berbagai produk dan jasa yang tersedia di aplikasi KAI Access.

Didiek menegaskan, pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman. Dia mengatakan, setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran pelanggan.

“Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja,” tutur Didiek.

Untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access-nya minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104. Pada halaman beranda, terdapat ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp.

“Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer virtual account di beberapa bank dan melalui minimarket, dengan biaya administrasi Rp 0 selama masa promo berlangsung,” jelas Didiek.

KAIPay juga merupakan kerja sama co branding antara KAI dengan KasPro yang telah disetujui oleh Bank Indonesia. Sementara itu, PT Pulau Pulau Media adalah mitra bisnis KAI sekaligus pihak yang berperan melakukan pengembangan aplikasi KAI Access termasuk KAIPay, penyediaan produk asuransi, Payment Point Online Banking, dan lainnya.

Didiek memastikan KAIPay akan terus dikembangkan. Beberapa diantaranya seperti dapat melakukan transfer antar sesama KAIPay hingga pembayaran di merchant yang mendukung QRIS,

“Hadirnya KAIPay diharapkan akan semakin meningkatkan animo masyarakat terutama milenial dalam menggunakan layanan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” jelas Didiek.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA