Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

DIY tak Tutup Destinasi Wisata Saat Libur Nataru

Kamis 18 Nov 2021 14:50 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/Dian Fath Risalah/ Red: Andi Nur Aminah

Poster syarat masuk destinasi wisata terpasang di Objek Wisata Tamansari, Yogyakarta (ilustrasi)

Poster syarat masuk destinasi wisata terpasang di Objek Wisata Tamansari, Yogyakarta (ilustrasi)

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Saat Nataru DIY juga dinilai menjadi sasaran utama bagi wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pihaknya tidak akan menutup destinasi wisata selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, akan dilakukan pengaturan pengetatan pergerakan masyarakat untuk mencegah lonjakan Covid-19 saat Nataru maupun pascalibur Nataru. "Bukan ditutup, tapi diatur," kata Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (18/11).

Aji menyebut, pihaknya tidak mungkin menutup pariwisata selama Nataru. Di masa PPKM Level 2 saat ini, destinasi wisata di DIY juga sudah beroperasi. 

Baca Juga

Sementara, saat Nataru DIY juga dinilai menjadi sasaran utama bagi wisatawan, terutama yang datang dari luar daerah. Diprediksikan, kunjungan wisatawan akan lebih besar saat Nataru jika tidak dilakukan pengaturan. "Kita tidak mungkin lagi menutup pariwisata itu, tapi kita mengatur supaya ada pembatasan-pembatasan agar tidak terjadi kerumunan, kemudian tidak ada pelanggaran terhadap protokol kesehatan," ujar Aji. 

Terkait dengan kebijakan pemerintah dengan menerapkan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Nataru, pihaknya mendukung hal tersebut. Dengan level 3, kata Aji, pemda dapat melakukan pengaturan sesuai kondisi daerah masing-masing.  

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA