Kamis 18 Nov 2021 14:28 WIB

Kini Buka Tabungan Haji Bisa Daring Melalui BSI Mobile

Nasabah pun diberikan pilihan mata uang, baik rupiah maupun dolar AS.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengakses aplikasi BSI Mobile
Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.
Nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengakses aplikasi BSI Mobile

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) memberikan akses lebih cepat bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai calon jamaah haji. Kini, membuka tabungan haji dan pembayaran setoran awal pendaftaran haji bisa dilakukan secara daring via BSI Mobile.

 

Baca Juga

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan fitur ini memungkinkan masyarakat untuk punya tabungan haji dan membayar porsi sebesar Rp 25 juta tanpa pergi ke cabang. Nasabah pun diberikan pilihan mata uang, baik rupiah maupun dolar AS.

"Nasabah juga mendapatkan notifikasi saat tabungan hajinya telah mencapai Rp 25 juta," katanya dalam keterangan pers, Kamis (18/11).

Pembayaran setoran awal pendaftaran haji secara daring sebesar Rp 25 juta merupakan syarat mendapatkan nomor porsi haji yang ditentukan oleh Kementerian Agama. Kinerja Tabungan Haji BSI per September 2021 mencatat jumlah penabung haji lebih dari 4,3 juta nasabah.

Ia optimistis jumlah tersebut akan terus tumbuh seiring inovasi fitur baru ini. Anton mengatakan kapabilitas digital menjadi salah satu fokus utama BSI dalam menggaet pasar yang serba dinamis, akurat dan cepat.

"Potensi perjalanan ke tanah suci untuk berhaji dan umrah menjadi salah satu segmen yang dibidik BSI dalam rangka kapitalisasi digital tersebut," katanya.

Pengembangan fitur pembayaran setoran awal pendaftaran haji diluncurkan mengikuti gaya hidup terkini yang menginginkan bertransaksi secara cepat, aman, nyaman, dan sesuai prinsip syariah. Anton mengungkapkan layanan baru itu pun dalam rangka membangun ekosistem halal serta mendorong masyarakat muslim mempersiapkan dana untuk beribadah haji sejak dini.

Ia optimistis bahwa tabungan haji bisa menjadi keunikan dan selling point yang signifikan. BSI juga terus memberikan edukasi kepada generasi milenial dan generasi Y serta Z untuk mempersiapkan ibadah haji secara optimal dan terencana dengan baik.

Dengan adanya sistem pembayaran realtime ini, nasabah juga secara otomatis langsung mendapatkan bukti pembayaran yang terdapat nomor validasi melalui BSI Mobile. Selanjutnya, nasabah dapat melakukan konfirmasi pembayaran untuk memperoleh nomor porsi melalui aplikasi Haji Pintar milik Kementerian Agama atau mendatangi Kantor Kementerian Agama setempat sesuai domisili KTP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement