Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

30 Ribu UMKM Ramaikan Festival Kuliner Virtual GoFoodieland

Kamis 18 Nov 2021 13:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Aplikasi Gofood dari Gojek. Gojek menggelar festival kuliner virtual Gofoodieland dengan menggandeng 30 ribu mitra UMKM.

Aplikasi Gofood dari Gojek. Gojek menggelar festival kuliner virtual Gofoodieland dengan menggandeng 30 ribu mitra UMKM.

Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Festival Kuliner Virtual GoFoodieland digelar di sembilan wilayah di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gojek menggelar festival kuliner virtual Gofoodieland dengan menggandeng 30 ribu mitra UMKM. 

Ichmeralda Rahman, Global Head Marketing GoFood mengatakan pengalaman virtual ini seperti pengunjung mengunjungi taman bermain dengan berbagai booth menarik.

Pengunjung tinggal masuk ke website Gofoodieland.com dan melakukan registrasi dengan cukup mudah untuk ikut festival. Pengguna juga bisa melihat aplikasi untuk kemudian diarahkan ke website festival. 

“Kita ingin terus berinovasi da  memberikan yang terbaik, merespon cepat perubahan perilaku masyarakat yang mengandalkan gaya hidup dengan cara-cara seru dan interaktif,” jelas Ichmeralda dalam konferensi pers, belum lama ini.

Dia menambahkan sebanyak 28 persen menyatakan penjual digital tidak akan bertahan jika tidak ada platform digital. Rata-rata penjualan mitra naik tujuh kali lipat.

“Semoga membuahkan hasil, karena dari riset bahwa delapan dari 10 UMKM menyatakan platform GoFood membantu menumbuhkan usaha dan sembilan di antaranya mau bekerjasama secara jangka panjang,” kata Ichmeralda.

Beragam aktivitas dalam GoFoodieland antara lain kurasi merchant pilihan dalam Foodiecourt, pertunjukan musik dengan bintang tamu Pamungkas dan Rendy Pandugo dalam Foodie Music. Lalu ulasan makanan bersama chef Hamzah Ghani Arifin, Gerry Girianza, dan Genki Banget dalam Food Review. Selain itu, makan malam virtual bersama artis idola dalam Foodie Star, hingga talk show seru seputar kuliner dalam Foodie Show bersama Dimas Beck dan Ncess Nabati.

Festival tidak hanya akan memanjakan pelanggan dalam menikmati ragam kuliner terbaik, tetapi juga mendorong pertumbuhan bisnis mitra UMKM. Festival di sembilan kota, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Medan, Bali, dan Palembang. 

GoFoodieland merupakan bagian dari gerakan #BangkitBersama untuk mendukung mitra UMKM lokal terus tumbuh di tengah pandemi dengan meningkatkan visibilitas mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Pengunjung dapat menemukan lima kategori rekomendasi untuk menyempurnakan pengalaman menyantap kuliner.

Kategori itu terdiri atas, Rekomendasi Juara, berisi kurasi mitra UMKM pilihan yang paling banyak dipesan atau terlaris. Lalu, Rekomendasi Terbaru, berisi seleksi para mitra UMKM baru yang tak kalah menarik dan patut dicoba. Rekomendasi Populer, yang paling banyak disukai oleh pelanggan dengan rating tinggi. Rekomendasi Legenda, yakni makakan ikonik yang menjadi kebanggan lokal di setiap kota. Terakhir, Rekomendasi Viral, berisi seleksi kuliner yang sedang tren dan naik daun.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah mengapresiasi langkah dukungan yang dihadirkan GoFood untuk mitra UMKM melalui GoFoodieland. Menurut Siti, kreativitas di tengah keterbatasan dalam masa pandemi tentunya menjadi angin segar bagi konsumen untuk melakukan petualangan kulinernya. 

“Oleh karena itu, kami harap GoFoodieland yang dikemas secara menarik dapat menjadi sarana pelepas rindu penikmat kuliner yang juga akan berdampak positif bagi para UMKM kuliner untuk bertahan dan terus tumbuh di masa penuh tantangan ini,” kata Siti. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA