Kamis 18 Nov 2021 10:51 WIB

Elon Musk Jual Saham Tesla untuk Bayar Pajak

Elon Musk menjual 2,8 juta dari total 8,8 juta saham untuk membayar pajak.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Bos Tesla Elon Musk/
Foto: EPA
Bos Tesla Elon Musk/

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elon Musk menjual lebih banyak saham Tesla untuk membayar kewajiban pajak. Pada Rabu (17/11) kemarin, Musk telah menjual sekitar 8,2 juta saham Tesla dan panel surya senilai lebih dari 8,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp 125,8 triliun.  

Dari jumlah tersebut, Musk menjual 2,8 juta saham senilai sekitar 3 miliar dolar AS yang setara dengan Rp 42,9 triliun khusus untuk membayar pajak. Itu artinya dia telah menjual 5 juta dolar AS lebih banyak dari yang dibutuhkannya saat ini.

Baca Juga

"Saya hanya punya saham, jadi satu-satunya cara bagi saya untuk membayar pajak secara pribadi adalah dengan menjual saham," kata Musk dilansir AP News, Kamis (18/11).

Pada 6 November, Musk bertanya kepada 60 juta pengikut Twitter-nya apakah dia harus menjual sebagian saham Tesla. Menurut Musk, sebanyak 58 persen dari pengikutnya menyarankan untuk menjual. Ia berencana untuk menjual 10 persen saham Tesla. 

Musk mulai menjual saham Tesla pada Senin lalu, dan pada Rabu kemarin ia telah melikuidasi sekitar 5 persen dari kepemilikannya. Kewajiban pajak federalnya bisa mencapai 40 persen dari hasil beberapa penjualan.

Pada Selasa lalu, saham Tesla telah jatuh hampir 14 persen sejak Musk setuju untuk mematuhi jajak pendapat. Pada Rabu, saham Tesla kembali naik lebih dari 3 persen. Musk secara historis mahir menggerakkan harga saham Tesla melalui cuitannya di Twitter. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement