Kamis 18 Nov 2021 12:00 WIB
...

12 Pemain Eropa Cetak Hattrick di Kualifikasi Piala Dunia

Mbappe, Kane, Bale, dan Ronaldo masuk daftar pencetak hattrick selama kualifikasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Inggris Harry Kane mencetak gol ketiga alias hattrick selama pertandingan sepak bola kualifikasi Grup I Piala Dunia 2022 antara San Marino dan Inggris di Stadion Olimpiade, di Serravalle, San Marino, Senin, 15 November 2021.
Foto: AP/Antonio Calanni
Penyerang Inggris Harry Kane mencetak gol ketiga alias hattrick selama pertandingan sepak bola kualifikasi Grup I Piala Dunia 2022 antara San Marino dan Inggris di Stadion Olimpiade, di Serravalle, San Marino, Senin, 15 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah merampungkan putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari total 55 tim yang ambil bagian di putaran pertama, 10 tim telah berhasil mengamankan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 sebagai juara grup.

Sepuluh tim tersebut adalah Jerman, Denmark, Belanda, Serbia, Swiss, Spanyol, Inggris, Kroasia, Prancis, dan Belgia. Sementara tiga tiga jatah yang tersisa dari UEFA akan diperebutkan 12 tim, termasuk Italia dan Portugal, dalam putaran kedua atau babak play-off, yang akan digelar pada Maret 2022 mendatang.

Baca Juga

Mulai digelar sejak akhir Maret 2021 hingga akhirnya tuntas pada pertengahan November 2021, putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa telah menggelar total 250 laga dengan jumlah gol mencapai 763 gol.

Dengan total raihan gol tersebut, maka rata-rata tercipta tiga gol di setiap laga. Setidaknya ada ratusan pemain yang telah mencatatkan namanya di papan skor pada sepanjang putaran pertama tersebut.

Namun, hanya 12 pemain yang berhasil mencetak setidaknya tiga gol alias hatrrick dalam satu laga pada putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Berikut 12 pemain tersebut berdasarkan lansiran SportsKeeda, Kamis (18/11).

1. Adam Duksa (Polandia vs San Marino)

Robert Lewandowski boleh saja menjadi bintang di timnas Polandia. Namun, dari torehan delapan gol di sepanjang putaran pertama, Lewandowksi tidak pernah mencetak hattrick. Catatan ini justru ditorehkan Adam Duksa kala Polandia mencukur San Marino, 7-1, September lalu. Dua dari tiga gol yang dicetak penyerang berusia 25 tahun itu ditorehkan pada masa injury time. Catatan hattrick ini kian istimewa lantaran laga ini merupakan laga kedua Duksa memperkuat timnas Polandia.

2. Ondrej Duda (Slovakia vs Malta)

Slovakia gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 usai finis di peringkat ketiga Grup H, di belakang Kroasia dan Rusia. Namun, putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dikenang oleh gelandang serang Slovakia, Ondrej Duda. Di laga pamungkas Grup H, Duda mencetak hattrick kala Slovakia mencukur Malta, 6-0. Ini menjadi hattrick pertama Duda buat timnas Slovakia. Duda pun menjadi pemain timnas Slovakia pertama yang mencetak hattrick sejak 2006.

3. Tomas Soucek (Ceska vs Estonia)

Ceska harus mengubur mimpi tampil di putaran final Piala Dunia 2022 lantaran mengakhiri Grup E di peringkat ketiga. Padahal, di laga pembuka babak kualifikasi, Ceska sukses membungkam Estonia, 6-2, Maret lalu. Di laga ini, gelandang Ceska, Tomas Soucek, memborong tiga gol. Gelandang West Ham itu menjadi pemain pertama yang mencetak tiga gol atau lebih di sebuah laga buat timnas Ceska sejak Milan Baros mencetak empat gol ke gawang San Marino pada 2009 silam.

4. Enis Bardhi (Makedonia Utara vs Armenia)

Gelandang serang Makedonia Utara, Enis Bardhi, memecahkan rekor yang bertahan selama 25 tahun. Bardhi menjadi pemain Makedonia Utara pertama yang mencetak tiga gol di babak kualifikasi Piala Dunia dalam 25 tahun terakhir. Gelandang berusia 26 tahun itu mencetak trigol saat Makedonia Utara mencukur Armenia, 5-0.

5. Burak Yilmaz (Turki vs Belanda)

Penyerang veteran Turki, Burak Yilmaz, tercatat menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, tepatnya saat Turki membungkam Belanda, 4-2, akhir Maret lalu. Selain mampu membawa Turki mengalahkan salah satu tim unggulan di Grup G, penyerang berusia 36 tahun itu juga mencatatkan hattrick pertamanya buat timnas Turki di laga ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement