Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Xabi Alonso Targetkan Latih Tim Besar Eropa

Kamis 18 Nov 2021 03:00 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Xabi Alonso, pelatih Real Sociedad B.

Xabi Alonso, pelatih Real Sociedad B.

Foto: EPA/KIKO HUESCA
Xabi Alonso saat ini melatih tim Real Sociedad B.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mantan gelandang Spanyol Xabi Alonso berhasrat mengelola tim besar suatu saat nanti. Namun ia tidak terburu-buru menuju level tersebut.

Ia masih menikmati hari-harinya di Real Sociedad B. Musim lalu, ia sempat berbicara dengan Borussia Monchengladbach. Ia sering dikaitkan dengan tim top lainnya. Namun ia memilih membesut klub Divisi Segunda.

Baca Juga

"Saya memiliki ambisi untuk mengelola tim elite, tetapi saya tidak terburu-buru. Saya sangat senang di mana saya berada," kata Alonso, dikutip Daily Mail, Rabu (17/11).

Saat masih berstatus sebagai pemain, sosok 39 tahun itu memulai karier profesional di Sociedad B. Ia kembali ke klub ke tempat pertamanya unjuk gigi di lapangan. Saat ini, ia pun ia berproses di dunia kepelatihan bersama Sociedad.

Alonso merasa bisa belajar dari banyak hal. Para pemainya memberinya masukan dan ilmu. Secara khusus ia terus mengembangkan komunikasi yang efektif dengan semua pihak.

"Ini musim ketiga saya, dan itu berjalan dengan baik," ujarnya.

Di level teknis, ia menyukai dukungan manajemen Sociedad. Ada fasilitas yang bagus untuk latihan. Selalu ada evaluasi untuk sebuah perbaikan.

"Saya memulai karier baru, dan saya tahu saya akan belajar di sini," ujar Alonso.

Pemilik 114 caps tim nasional Spanyol itu termasuk sosok kelas dunia saat masih berstatus pemain. Ia pernah malang melintang dan meraih kesuksesan di Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Muenchen.

Alonso bagian dari generasi emas La Roja. Ia ikut membawa negaranya menjadi juara Eropa 2008, 2012, serta juara dunia 2010.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA