Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

India Tutup Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara

Kamis 18 Nov 2021 04:57 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha

Polusi udara di India

Foto:
Pemerintah New Delhi memutuskan menutup sekolah-sekolah selama sepekan ke depan.

Seorang pemilik toko di New Delhi, Suresh Chand Jain, berpendapat, untuk mengatasi polusi udara, pihak berwenang seharusnya memperkenalkan peraturan lebih ketat. Misalnya, membatasi penggunaan mobil dan mengendalikan pembakaran sisa-sisa tanaman di negara bagian tetangga. Sebab menurut dia, aktivitas tersebut berkontribusi besar terhadap memburuknya kualitas udara di New Delhi. 

Jain tak terlalu sepakat dengan gagasan penguncian ketat. "Mematikan kota tidak akan mengakhiri polusi," ujarnya.

Di antara kota-kota terpolusi di India, New Delhi selalu menempati urutan teratas setiap tahuhnya. Pada Sabtu pekan lalu, Indeks Kualitas Udara menunjukkan, tingkat polusi di ibu kota India itu berada pada level 437 dari skala 500. 

Dewan Pengendalian Polusi Pusat segera merilis peringatan darurat kesehatan. Pada Rabu, pembacaan partikel berbahaya di New Delhi masih setinggi tujuh kali tingkat aman, naik di atas 300 mikrogram per meter kubik di beberapa bagian kota. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan tingkat aman untuk partikel kecil beracun pada 25. 

Ramalan cuaca memperkirakan, kualitas udara akan memburuk sebelum kedatangan angin dingin pekan depan yang bakal menerbangkan kabut asap. Emisi pabrik, asap knalpot kendaraan bermotor, dan asap akibat kebakaran pertanian menjadi elemen-elemen lain yang turut memperparah polusi parah di New Delhi. 

Pembakaran limbah pertanian di negara bagian tetangga New Delhi, terus berlanjut meskipun ada larangan dari Mahkamah Agung. Pada 2020, organisasi Swiss IQAir merilis laporan yang menyebut bahwa 22 dari 30 kota paling tercemar di dunia berada di India. New Delhi menjadi ibu kota paling tercemar secara global.

Beberapa penelitian memperkirakan, lebih dari satu juta orang India meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan polusi udara setiap tahunnya. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA