Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Polda Banten Raih Peringkat Terbaik Kepuasan Layanan Publik

Rabu 17 Nov 2021 21:44 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto, berterimakasih atas kepercayaan masyarakat

Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto, berterimakasih atas kepercayaan masyarakat

Foto: Dok Istimewa
Kapolda Banten berterimakasih atas kepercayaan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Polda Banten kembali meraih prestasi sebagai Polda berpredikat terbaik dalam dimensi kepuasan pelayanan publik. 

Polda Banten meraih indeks kepuasan masyarakat sebesar 84,3 persen. Hal ini disampaikan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto dalam kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Capaian Program Prioritas Kapolri Triwulan III pada Senin (15/11) malam, sekitar pukul 19.00. 

Baca Juga

Anev dilakukan di Posko Presisi Mabes Polri, diikuti pejabat utama Mabes Polri dan seluruh Kapolda melalui virtual meeting. 

Kapolda Banten, Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto, menyambut baik pencapaian yang telah diraih oleh jajaran Polda Banten dalam implementasi Program Prioritas Kapolri terutama pada Triwulan III.  

“Kami berterimakasih kepada seluruh personel yang telah optimal menjalankan Program Presisi Kapolri pada Triwulan III sehingga mendapat legitimasi terbaik dalam kepuasan pelayanan publik dari Mabes Polri,” kata Rudy Heriyanto. 

Sebagaimana diketahui, Posko Presisi yang dibentuk Mabes Polri melakukan evaluasi secara periodik terhadap capaian Program Prioritas Kapolri di semua Satuan Kerja (Satker) Mabes Polri dan juga Polda-Polda jajaran. 

Posko Presisi Mabes Polri bahkan menggandeng lembaga survei profesional, Charta Politika Indonesia, untuk melakukan penelitian dan survei tentang implementasi Program Prioritas Kapolri.  

Hasilnya, sesuai survei pada periode Triwulan III Tahun 2021, Polda Banten mendapatkan predikat terbaik dalam dimensi kepuasan pelayanan publik dengan indeks nilai kepuasan masyarakat sebesar 84,3 persen. 

Penilaian pada dimensi ini terkait dengan kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam pelayanan publik, kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam pelayanan online dan delivery service system serta kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam tindak lanjut layanan hotline 110.  

“Tiga indikator penilaian pada survei dimensi kepuasan pelayanan publik ini menjadi nilai positif yang harus dipertahankan oleh jajaran Polda Banten,” ujar Rudy.  

Sejak awal menjabat pada 10 Desember 2020 lalu, Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto telah mensosialisasikan Program Pendekar Banten, yaitu polisi yang empati, mengayomi dan dekat dengan rakyat. Program Pendekar Banten ini merupakan perwujudan dari Program Presisi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. 

Dia mengatakan, implementasi Program Pendekar Banten ini ternyata telah menghasilkan beragam prestasi bagi Polda Banten. 

“Hal ini tentu menjadi motivasi untuk terus mendorong prestasi sebagai budaya organisasi di Polda Banten, sehingga kita tetap tulus dan total dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat Banten,” tutup Rudy. 

Sementara itu Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan, mengapresiasi pencapaian yang baru saja diraih Polda Banten.

“Lemkapi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Banten atas pencapaian predikat terbaik kepuasan pelayanan publik yang diberikan Irwasum Polri,” kata Edi. 

Pencapaian ini, tutur Edi,  tidak lepas dari gaya kepemimpinan Kapolda Banten dengan program Pendekar Banten, polisi yang empati, mengayomi dan dekat dengan rakyat, yang sejak awal menjabat telah disosialisasikan meluas ke jajaran Polda Banten.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA