Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Madrid Segera Atasi Masalah Pemain Non-Uni Eropa

Rabu 17 Nov 2021 21:15 WIB

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah

 Vinicius Junior dari Real Madrid akan mendapatkan paspor Spanyol.

Vinicius Junior dari Real Madrid akan mendapatkan paspor Spanyol.

Foto: APJose Breton
Sejumlah pemain Madrid akan mengurus kewarganegaraan Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kebijakan transfer Real Madrid beberapa musim terakhir menimbulkan masalah dalam hal menyesuaikan pemain yang tak memiliki kewarganegaraan Uni Eropa. Kedatangan Vinicius Junior, Rodrygo, Eder Militao, Reinier, dan Takefusa Kubo dalam waktu tiga tahun membuat Madrid melewati kuota pemain non-Eropa sehingga mereka tak bisa mendaftarkan semua pemain tersebut.

Masalah tersebut juga memengaruhi penandatanganan pemain baru di masa depan. Los Blancos harus mengesampingkan beberapa pemain non uni Eropa.

Baca Juga

Namun solusi masalah tersebut akan segera datang. Sejumlah pemain itu akan mendapatkan paspor Spanyol. Dilansir dari AS, Rabu (17/11), menurut hukum Spanyol, setiap individu yang lahir di negara lain dan mencari paspor Spanyol harus tinggal di Negeri Matador minimal 10 tahun.

Aturan itu tak berlaku bagi mereka yang lahir di salah satu negara Amerika Latin, Andorra, Guinea Khatulistiwa, Filipina, dan Portugal.  Individu yang lahir dari negara tersebut bisa mengajukan paspor Spanyol jika sudah tinggal dan bekerja dua tahun. Tiga pemain Madrid sudah mendapatkannya yaitu Marcelo, Casemiro, dan Fede Valverde.

Sedangkan Vinicius masih dalam proses. Dia akan menjadi yang pertama mendapatkan kewarganegaraan ganda dari Rodrygo, Kubo, Militao, dan Reinier. Prosesnya lebih lama dari yang diharapkan karena pandemi.

Vinicius sudah memulai prosesnya pada Juli 2020. Ia berharap kewarganegaraan Spanyol itu akan didapatkannya dalam satu tahun. Namun kenyataannya prosesnya berjalan lebih lambat. Vinicius dan Madrid bersabar menantikannya.

Rodrygo dan Militao berada dalam antrean berikutnya untuk pengajuan kewarganegaraan ganda. Keduanya tiba di Spanyol pada Juli 2019. Sehingga mereka bisa mengajukannya selama musim panas. Keduanya telah mengajukan dokumen pertama. Mereka sedang menunggu tanggapan dari pihak berwenang. Dua pemain tersebut harus memiliki paspor ganda untuk persiapan musim depan.

Dua pemain lain sedang menunggu slot non-UE yaitu Kubo dan Reinier. Kubo dipinjamkan ke Real Mallorca dan Reinier ke Borussia Dortmund. Keduanya berharap mendapatkan kesempatan ada di tim utama Madrid, Juli tahun depan.

Kubo rencananya akan memulai proses musim panas ini. Namun dengan tertundanya Vinicius, klub tak yakin proses milik Kubo akan berlangsung cepat. Sehingga diprediksi Madrid akan meminjamkannya lagi.

Kasus Renier sedikit lebih rumit karena ada kemungkinan tak ada tempat di tim utama jika paspor ganda dia dan Militao tertunda. Reinier juga tak banyak bermain di Dortmund.

Setelah mereka mengajukan permohonan kewarganegaraan ganda, pasar pemain Amerika Selatan diperkirakan akan dibuka untuk Madrid. Klub dapat mencari pemain baru dari Brasil. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA