Kamis 18 Nov 2021 01:13 WIB

Atlas Cetakan Pertama dunia Islam Dilelang

tlas pertama yang dicetak di dunia Islam telah terjual lebih tinggi empat kali lipat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Suasana lelang  (ilustrasi)
Foto: Sotheby
Suasana lelang (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Atlas pertama yang dicetak di dunia Islam telah terjual lebih tinggi empat kali lipat dari perkiraannya di pelelangan. Atlas itu ditemukan di loteng di Weston Hall di Northamptonshire.

Atlas folio Ottoman yang sangat langka karya Mahmoud Raif Efendi dijual seharga 86.250 pound (Rp 1,6 Miliar) pada Selasa (16/11) oleh Drewatts, dari Newbury Berkshire.

Baca Juga

"Ini adalah atlas yang luar biasa. Kondisi pengikatan, peta terestrial dan peta angkasa luar biasa. Objek yang menarik untuk datang ke pasar," kata spesialis buku di Drewatts, Denise Kelly, dilansir dari laman Evening Standard pada Rabu (17/11).

Itu merupakan salah satu dari hanya 50 yang diproduksi, dan di antara beberapa penemuan yang dibuat di Weston Hall di Northamptonshire rumah keluarga Sitwell selama lebih dari 300 tahun. Rumah lelang Drewatts menyatakan atlas Ottoman adalah yang pertama dicetak di Dunia Islam.

Drewatts menyebutkan, atlas tersebut ditemukan dalam kondisi luar biasa di salah satu dari sembilan loteng di Weston Hall, dicap dan bertanggal 1804, dan menampilkan judul bergambar tangan dengan monogram Sultan Selim III.

Ditulis dalam bahasa Turki Utsmaniyah dengan 24 peta terestrial berwarna tangan, atlas tersebut mencakup dua belahan bumi kembar dan satu dunia, dengan peta langit polos. Diperkirakan atlas itu dibawa ke Inggris oleh anggota keluarga Sitwell, Jenderal Lord Hely-Hutchinson.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement