Rabu 17 Nov 2021 16:16 WIB

Cegah Stunting, PKK Kalsel Gencarkan Gerakan Makan Ikan

Dibandingkan beberapa waktu lalu, tingkat stunting di Tala sudah mengalami penurunan

Ketua TP PKK Kalsel Ny.Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor, SKM, MKES  berkunjung di  UPTD SDN Panjaratan, Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (17/11). Kunjungan PKK Kalsel ke Desa Panjaratan dalam rangka Safari Gemarikan, sebagai rangkaian Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 Tahun 2021.
Foto: istimewa
Ketua TP PKK Kalsel Ny.Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor, SKM, MKES berkunjung di UPTD SDN Panjaratan, Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (17/11). Kunjungan PKK Kalsel ke Desa Panjaratan dalam rangka Safari Gemarikan, sebagai rangkaian Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 Tahun 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH LAUT--Isu stunting terus menjadi perhatian Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menekan angka kekerdilan adalah mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).Pasalnya, berdasarkan para ahli gizi  Ikan diketahui mengandung omega 3 yang baik bagi pertumbuhan anak.

Hal inilah yang disosialisasikan Ketua TP PKK Kalsel Ny.Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor, SKM, MKES  di  UPTD SDN Panjaratan, Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (17/11). Kunjungan PKK Kalsel ke Desa Panjaratan dalam rangka Safari Gemarikan, sebagai rangkaian Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 Tahun 2021.

Baca Juga

Pada kesempatan ini, Ketua PKK Kalsel secara simbolis menyerahkan paket produk olahan hasil perikanan dan paket pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tala dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel. "Stunting itu ketika tinggi badan anak tidak optimal alias di bawah rata-rata dan bersifat permanen," terang Raudatul Jannah usai berdialog dengan salah satu peserta.

Ujarnya, selain terkait fisik, stunting juga menghambat kecerdasan anak. Kondisi demikian akan berakibat buruk bagi masa depan buah hati. Ketua PKK Kalsel dua periode ini mengungkapkan keprihatinannya. Ia menegaskan, stunting menjadi pekerjaan yang harus dituntaskan oleh semua pihak terkait. "Salah satu upaya mencegah stunting yaitu mengonsumsi sumber protein, terutama ikan. Ikan mengandung omega 3 yang baik bagi pertumbuhan anak dan kecerdasannya," jelas Raudatul Jannah.

Apalagi, ungkapnya, Tanah Laut dekat dengan perairan laut yang tentunya memiliki berbagai macam ikan. Kekayaan sumber daya ikan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya demi pemenuhan nutrisi buah hati."Kesuksesan seorang anak tergantung dari bagaimana ibu merawatnya, bahkan dari sejak mengandung," lanjut Bunda, sapaan akrabnya.

Sekda Tala Dahnial Kifli, mewakili Bupati Tala, menyampaikan hal yang senada."Tala punya potensi sumber daya alam yang melimpah sehingga kita bersyukur bisa menikmati ikan-ikannya," terangnya.

Ia menyebutkan, dibandingkan beberapa waktu lalu, tingkat stunting di Tala sudah mengalami penurunan. Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kalsel Rusdi Hartono kegiatan ini salah satu bentuk sinergi bersama membantu pemerintah mencegah atau mengatasi persoalan-persoalan stunting." Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel siap mendukung program program penanganan stunting terutama meningkatkan ketersediaan konsumsi  ikan," ucap Rusdi.

Sebelum bertolak kembali ke kediaman, Ketua PKK Kalsel menyempatkan untuk melihat beragam camilan produksi TP PKK setempat. Ia memberikan saran-saran guna meningkatkan kualitas kemasan produk. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement