Rabu 17 Nov 2021 15:04 WIB

Presiden Jokowi Lantik Mayjen Suharyanto Jadi Kepala BNPB

Mayjen Suharyanto resmi menggantikan Letjen Ganip Warsito yang memasuki masa pensiun.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mas Alamil Huda
Mayjen TNI Suharyanto resmi menjabat sebagai Kepala BNPB.
Foto: Dok Pendam Brawijaya
Mayjen TNI Suharyanto resmi menjabat sebagai Kepala BNPB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11). Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 140/P Tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

"Mengangkat Mayor Jenderal TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri," kata Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti membacakan Keputusan Presiden, Rabu (17/11).

Baca Juga

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi saat mendiktekan sumpah jabatan.

Setelah pelantikan ini, Mayjen Suharyanto resmi menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang akan memasuki masa pensiun. Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini yakni Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement