Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Liverpool Ikut Buru Tanda Tangan Gelandang Muslim Asal Swiss

Rabu 17 Nov 2021 14:43 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Denis Zakaria dari Borussia Moenchengladbach (kiri) saat bersalaman dengan mantan pemain Manchester City Sergio Aguero.

Denis Zakaria dari Borussia Moenchengladbach (kiri) saat bersalaman dengan mantan pemain Manchester City Sergio Aguero.

Foto: AP/Laszlo Balogh
Zakaria akan menambah deretan pesepak bola Muslim yang membela Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Performa impresif Denis Zakaria bersama Borussia Moenchengladbach setidaknya dalam empat musim terakhir mulai menarik minat sejumlah klub-klub besar Eropa. Juventus, Manchester City, Arsenal, dan Borussia Dortmund dikabarkan berniat memboyong gelandang bertahan berusia 24 tahun tersebut.

Kendati begitu, daftar klub peminat Zakaria agaknya bertambah panjang dengan masuknya Liverpool. The Reds disebut-sebut mulai memasuki gelanggang perburuan tanda tangan pemain timnas Swiss tersebut.

Baca Juga

''Klub asal Merseyside itu turut berminat untuk memboyong Zakaria. Apalagi, kontrak Zakaria bersama Gladbach akan habis pada akhir musim ini,'' tulis laporan Calciomercato seperti dilansir Sports Keeda, Rabu (17/11).

Sejak direkrut dari Young Boys pada awal musim 2017/2018, Zakaria perlahan menjadi pilar utama di lini tengah Borussia Moenchengladbach. Selama empat musim mengenakan seragam Gladbach, Zakaria telah mengemas 128 penampilan dan menyumbang sembilan gol.

Sementara pada musim ini, pemain ketururan Kongo itu telah merumput di 10 laga pada semua ajang dengan torehan dua gol dan satu assist. Salah satu penampilan terbaik Zakaria pada awal musim ini adalah saat mengantarkan Gladbach menyingkirkan Bayern Muenchen di putaran kedua DFB Pokal, akhir bulan lalu.

Tidak tanggung-tanggung, Gladbach sukses mencukur juara bertahan Bundesliga Jerman itu, 5-0. Zakaria, yang diplot sebagai gelandang bertahan di laga itu, dianggap mampu meredam serangan Die Bayern.

Meski berposisi asli sebagai gelandang bertahan, Zakaria diketahui juga piawai dalam mengisi posisi gelandang tengah dan ikut membangun serta menginisiasi serangan. Pesepak bola Muslim ini pun mengaku terinspirasi dari gaya permainan gelandang Manchester United, Paul Pogba, dan eks gelandang Arsenal, Patrick Vieira.

''Gaya permainan saya kerap dibandingkan seperti Pogba dan Vieira, dua sosok yang saya hormati. Dalam beberapa hal, saat melihat video permainan mereka, saya memang ingin mencontoh gaya permainan mereka. Mereka dapat menjadi panutan yang tepat buat saya,'' kata Zakaria.

Kendati tampil reguler dan menjadi andalan di lini tengah Gladbach, Zakaria malah terus menolak perpanjangan kontrak dari manajemen klub. Saat ini, kontraknya bersama Die Fohlen akan habis pada Juni 2022.

Situasi ini pun mulai memicu rumor kepindahan Zakaria dari Die Fohlen pada jendela transfer musim dingin mendatang. Klub-klub raksasa Eropa, termasuk Liverpool, dikabarkan berniat memanfaatkan situasi kontrak Zakaria itu.

Buat the Reds, kehadiran Zakaria dianggap dapat menjadi pengganti ideal untuk kepergian Giorgino Wijnaldum. Begitu pula dengan kemungkinan menempatkan Zakaria sebagai pelapis Fabinho ataupun Jordan Henderson dan Thiago.

Tak hanya itu, Zakaria akan menambah deretan pesepak bola Muslim yang sudah lebih dulu membela Liverpool. Sebelumnya sudah ada nama Mohamed Salah, Sadio Mane, Naby Keita, dan Xherdan Shaqiri, di skuad the Reds.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA