Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arung Abinaya Nasrulloh

Peran Penting Keuangan Syariah bagi Perekonomian Indonesia

Lomba | Tuesday, 16 Nov 2021, 22:16 WIB

Kontribusi Keuangan Syariah

Upaya pemulihan ekonomi saat ini diperlukan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Untuk pemulihan ekonomi nasional peran sektor jasa keuangan sangat penting dalam memulihkan perekonomian kita dan juga peran sektor jasa keuangan sangat penting sebagai penggerak dalam memulihkan perekonomian kita, terutama pada sektor ekonomi dan keuangan syariah. Perkembangan perekonomian syariah perlu dukungan untuk terus berkembang pesat.

Perkembangan sektor keuangan pada ekonomi syariah tetap tumbuh cukup tinggi meskipun di tengah masa pandemi ini bahkan keuangan perekonomian syariah juga diapresiasi oleh dunia internasional. Global Indonesia mendapatkan ranking ke-2 sebagai The Most Developed Countries In Islamic Finance.

Menurut lembaga internasional Indonesia memiliki potensi yang besar dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah antara lain:

1. Indonesia memiliki lebih dari 80% penduduknya yang beragama Islam dan tentunya berpotensi untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

2. Pada tahun 2020 Nilai perdagangan halal di Indonesia semakin meningkat seperti kosmetik, makanan, dan obat-obatan.

3. Pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia termasuk tinggi pada tahun 2019 pertumbuhan tersebut meningkat sebesar 5,72%.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan pada jasa keuangan syariah di Indonesia masih relatif rendah yaitu hanya 9,90% dari total aset nasional. Kreativitas dan inovasi di Indonesia sangat diperlukan karena diferensiasi model bisnis atau produk syariah di Indonesia masih terbatas, Adapun peningkatan teknologi yang perlu ditingkatkan kan untuk mengimbangi perkembangan zaman yang semakin cepat dan dinamis. Kegiatan-kegiatan dan program-program kerja harus terus ditingkatkan guna meningkatkan kontribusi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Perekonomian syariah juga harus memperbanyak riset ekonomi syariah melalui pembentukan tim atau grup riset guna menghasilkan riset ekonomi keuangan syariah yang berkualitas dan juga perlu meningkatkan perannya di kancah internasional guna menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga internasional.

Ekosistem Haji

Upaya untuk menjadi bagian dari ekosistem Haji halal yang sedang menguat di Indonesia membutuhkan berbagai kerjasama dan kemitraan yang dibangun BPKH. Sejarah psikologis masyarakat Indonesia sangat sensitif Terhadap isu halal, Contohnya perihal vaksin juga tak terlepas dari sertifikasi halal MUI demi kepastian aman dan halal.

Produk halal adalah produk yang layak konsumsi yang layak dipakai sesuai dengan syariat Islam. Berbagai mitra kerja dalam ekosistem halal adalah modal besar BPKH untuk mewujudkan ekosistem haji di Indonesia. Ekosistem haji yang baik dan berkualitas tentunya nya akan mudah untuk mewujudkan tugas-tugas dengan baik yang diamanatkan undang-undang dalam visi BPKH.

Sebagai contoh saat ini BPKH sedang melakukan pengembangan fasilitas berupa rumah Indonesia di Mekah Arab Saudi. Perlunya dilakukan uji kelayakan dan perizinan yang dijalin secara berkesinambungan yang nantinya akan memiliki dampak yang baik bagi bangsa Indonesia, Bukan hanya pelayanan terhadap haji yang meningkat akan tetapi biaya yang dikeluarkan untuk ibadah haji juga menurun dan dapat diminimalisir serta keuntungan lainnya tenaga kerja Indonesia sia bekerja dan dan meningkatkan berbagai kebutuhan haji Indonesia. jadi keuntungannya adalah dana yang dikeluarkan oleh masyarakat Indonesia untuk haji nantinya akan kembali pada para pekerja yang berasal dari Indonesia Jadi keuntungan tersebut akan berputar-putar pada ada masyarakat Indonesia.

Harapan tersebut tidak dapat digapai dengan mudah untuk menggapai atau mewujudkan nya bpkh sendiri tidaklah cukup maka membutuhkan peran segenap pihak dalam lingkup ekosistem bangsa Indonesia, ekosistem halal, ataupun ekosistem haji di Indonesia yang Sudah berlangsung hingga detik ini. Dengan demikian harapan umat Islam untuk menunaikan rukun Islam dapat terlaksana dengan baik Dan pengalaman bangsa Indonesia untuk mengelola penyelenggaraan ibadah haji sudah sangat bagus. Untuk kedepannya karena Indonesia adalah negara dengan umat muslim terbesar di dunia Indonesia harus bisa menjadi kiblat bagi umat muslim yang ada ada di dunia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image