Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dewangga bruri

3 Cara Cek Benchmark VPS 2023 Update

Teknologi | Wednesday, 17 Nov 2021, 03:36 WIB

Cek Benchmark VPS diperlukan untuk mengetahui spesifikasi lengkap server yang kita gunakan mulai dari jenis processor, Ram, IOPS Disk, Bandwith dan banyak lainnya.

Pada artikel ini, kami akan memberikan 3 cara cek benchmark VPS menggunakan bench.sh, geekbench dan nench.sh.

Persiapan Cek Benchmark VPS

Sebelum melakukan pengecekkan, ada beberapa persiapan yang harus kalian ketahui

1. Memiliki Akun login root Server VPS

2. Memiliki Aplikasi SSH ( Putty atau lainnya )

Cara Cek Benchmark VPS

1. Menggunakan Bench.sh

Untuk cara pertama dan paling mudah adalah menggunakan bench.sh. Meski mudah, melakukan pengecekkan menggunakan bench.sh terbilang minim karena kita hanya mengetahui secara garis besarnya saja yaitu spesifikasi server, IOPS disk dan Kecepatan Bandwith.

Untuk melakukan cek Benchmark menggunakan bench.sh silahkan kalian ikuti langkah berikut ini :

1. Login ke akun ssh sebagai root

2. Ketikkan perintah wget -qO- bench.sh | bash kemudian enter

3. Tunggu Hingga Proses Selesai.

Setelah Proses selesai kalian dapat melihat spesifikasi server mulai dari Tipe CPU, Clock Speed CPU, Ram, kapasitas hardisk dan lainnya. Selain itu kalian akan mendapati kecepatan Input / Output (IOPS) dari disk yang kalian gunakan. Dan juga kalian akan melihat berapa kecepatan bandwith serta ping dari server yang kalian gunakan.

2. Menggunakan Nench.sh

Selain bench.sh kalian juga bisa melakukan cek benchmark menggunakan nench.sh. Untuk langkah menggunakannya sendiri kalian dapat mengikuti langkah berikut ini :

1. Login ke ssh server sebagai root

2. Ketikkan perintah (wget -qO- bench.wget.racing | bash; wget -qO- bench.wget.racing | bash) 2>&1 | tee nench.log kemudian enter

3. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses selesai maka kalian akan melihat hasil dari pengecekkan yang terbilang lengkap dan hampir serupa dengan bench.sh yaitu Tipe Processor yang kalian gunakan, Jumlah core yang digunakan, frekuensi cpu, total ram, kernel yang digunakan, hasil test disk (IOPS) dan hasil speed test server kalian.

3. Menggunakan Geekbench

Yang terakhir menggunakan geekbench yang merupakan tools cek benchmark lengkap sampai ke akar server yang kalian gunakan.

Untuk melakukan cek benchmark menggunakan Geekbench kalian bisa mengikuti langkah dibawah ini :

1. Login ke SSH dan pastikan login sebagai root

2. Ketikkan Perintah wget https://cdn.geekbench.com/Geekbench-5.3.4-Linux.tar.gz kemudian enter

3. Ketikkan perintah tar xf Geekbench-5.3.4-Linux.tar.gz kemudian enter

4. Ketikkan perintah cd Geekbench-5.3.4-Linux/ kemudian enter

5. Ketikkan perintah ./geekbench5 kemudian enter

6. Tunggu hingga proses selesai

Proses cek benchmark menggunakan Geekbench sedikit lebih lama dibandingkan menggunakan bench.sh dan cench.sh karena Geekbench melakukan pengecekkan secara menyeluruh ke server yang kalian gunakan.

Setelah proses selesai kalian yang ditandai keterangan url hasil test benchmark, kalian dapat melakukan copy dan paste ke browser yang kalian gunakan dan pada link tersebut terdapat banyak sekali hasil uji benchmark server yang kalian gunakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image