Rabu 17 Nov 2021 08:30 WIB

Bangga dan Bahagianya Van Dijk Seusai Bawa Belanda ke Qatar

Terakhir kali Belanda tampil di Piala Dunia adalah pada 2014 silam.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten timnas Belanda Virgil Van Dijk (kiri) menghalangi lawannya saat Belanda Vs Norwegia di Rotterdam, Rabu (17/11).
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Kapten timnas Belanda Virgil Van Dijk (kiri) menghalangi lawannya saat Belanda Vs Norwegia di Rotterdam, Rabu (17/11).

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Virgil van Dijk mengungkapkan kebahagian dan kebanggaannya usai membawa Belanda lolos ke Piala Dunia 2022. Itu karena, terakhir kali Belanda tampil di putaran final dunia adalah ketika 2014, dan absen pada 2018. 

Kepastian Belanda lolos ke Qatar didapat setelah mereka mengalahkan Norwegia pada laga pamungkas penyisihan di Rotterdam dini hari tadi WIB.

Baca Juga

"Sudah lama sejak Belanda berpartisipasi dalam turnamen besar, jadi saya senang akhirnya bisa melakukannya lagi. Saya senang kami bisa melakukan ini untuk para penggemar kami,'' kata Van Dijk, dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (17/11).

Bek Liverpool itu mengatakan, meskipun tidak ada penonton di stadion, ia tahu Belanda mendapat dukungan mereka. Van Dijk menegaskan Belanda menang pantas mendapatkan tiket langsung ke Qatar berkat penampilan keseluruhan selama babak kualifikasi. Sekarang, lanut dia, Belanda memiliki persiapan panjang ke depan.

Ia yakin Belanda akan menjadi tim yang lebih baik lagi saat tampil di Qatar. Terakhir kali Belanda tampil di Piala Dunia, mereka melaju sampai semifinal, sebelum dihentikan oleh Argentina melalui adu penalti. 

''Saya sangat bangga dengan tim ini. Mungkin sulit untuk bermain-main dengan gagasan bahwa kesalahan apa pun bisa berakibat fatal, tetapi kami menerimanya,'' ujar Van Dijk.

Van Dijk menyatakan, Belanda harus menunjukan reaksi yang positif usai ditahan imbang 2-2 oleh Montenegro. Saat itu timnya unggul 2-0 sebelum tuan rumah menyamakan skor, sehingga membuat Belanda harus menunda perayaan lolos ke Piala Dunia. Walaupun baginya yang terpenting saat ini adalah Belanda akan pergi ke Qatar tahun depan.

''Kami menunjukkan karakter nyata. Tidak mudah untuk beralih dengan cepat setelah skor 2-2 di Montenegro, tetapi kami melakukannya,'' tegas Van Dijk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement