Rabu 17 Nov 2021 09:16 WIB

10 Fakta di Balik Pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro

Mantan putri Jepang, Putri Mako, memulai hidup baru sebagai orang biasa

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Putri Mako dan Kei Komuro
Putri Mako dan Kei Komuro

VIVA – Mantan putri Jepang, Putri Mako memulai hidup baru sebagai orang biasa di New York setelah meninggalkan status kerajaannya karena menikahi rakyat biasa, Kei Komuro. Diketahui bahwa Putri Mako kini menggunakan nama suaminya, Mako Komuro. Kisah asmaranya melalui banyak rintangan hingga Putri Mako sempat alami depresi. Namun akhirnya Putri Mako menikah dengan Kei Komuro pada Selasa (26/10/2021). Berikut fakta-fakta dibalik pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro.

Fakta-fakta Pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro

1. Pernikahannya Ditunda 3 Tahun

 

Pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro sempat ditunda selama tiga tahun. Putri Mako dan Kei Komuro bertunangan pada tahun 2017 dan berencana menikah setahun kemudian. Awalnya, pernikahan Putri Mako dan Komuro dijadwalkan akan digelar pada 4 November 2018, namun rencana pernikahan itu ditunda karena permasalahan keuangan yang dialami ibu Komuro dengan mantan tunangannya.

2. Kehilangan Gelar Kekaisaran

 

 

Setelah resmi menikah dengan rakyat biasa, Putri Mako kehilangan gelar kekaisarannya. Menurut Hukum Rumah Kekaisaran, seorang keluarga kekaisaran perempuan harus melepaskan gelarnya jika menikah dengan orang biasa. Hal ini dikarenakan takhta Jepang hanya dapat diberikan kepada anggota keluarga laki-laki saja. Sedangkan anak-anak bangsawan perempuan yang menikah dengan rakyat biasa tidak termasuk. Selain kehilangan status, Putri Mako juga harus meninggalkan kediaman kekaisaran Jepang.

3. Awal Pertemuan Putri Mako Dengan Kei Komuro

 

Putri Mako dan Kei Komuro bertemu pertama kali saat keduanya kuliah di International Chrisian University di Tokyo. Mereka menjalin hubungan baik sejak tahun 2012. Putri Mako dan Kei Komuro diketahui sudah menjalin hubungan asmara selama 9 tahun. Diketahui bahwa keduanya sempat menjalani hubungan jarak jauh lantaran Putri Mako melanjutkan pendidikannya di Inggris, sedangkan Komuro berada di Amerika Serikat.

4. Pernikahan Digelar Tanpa Ritual Tradisional Kerajaan

Putri Mako menikah dengan Kei Komuro pada Selasa (26/10/2021). Pernikahan keduanya berlangsung khidmat disertai dengan perayaan yang sangat sederhana tanpa adanya ritual tradisional kerajaan.

5. Merayakan Ulang Tahun Terakhir sebagai Bangsawan

Menjelang hari ulang tahun dan pernikahan Putri Mako, Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang pun merilis beberapa potret resmi. Dalam foto tersebut, Putri Mako tampak bergaya sederhana dalam balutan cardigan merah marun yang dipadukan rok berwarna khaki yang dihiasi pita di bagian pinggang.

6. Dikecam warga Jepang

Keputusan Putri Mako untuk menikah dengan Kei Komuro menuai kecaman warga Jepang. Mulai dari media sosial hingga aksi protes langsung, mereka menyerukan agar Putri Mako tidak mencemari kekaisaran Jepang.

7. Mengidap PTSD sebelum melangsungkan Pernikahan

Sebelum melangsungkan pernikahan, Putri Mako dikabarkan sempat mengalami gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Lewat pernyataan resminya, Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang mengatakan bahwa sang putri menderita PTSD karena tekanan yang ia alami terkait pernikahannya.

8. Menolak Uang Miliaran Rupiah

Jepang biasanya memberikan uang 'ganti' jika ada wanita kerajaan yang kehilangan status bangsawannya. Rupanya Putri Mako menolak uang tersebut. Jumlah uang yang ditolak Putri Mako mencapai US$1,3 juta atau sekitar Rp18,4 miliar. Agensi Keluarga Kerajaan (IHA) menjelaskan, bahwa Mako dan suaminya memang sengaja tidak menggelar pesta besar.

9. Gelar Jumpa Pers Untuk Pertama Kali

Sore hari setelah pernikahan, Putri Mako dan Kei Komuro menghadiri jumpa pers untuk pertama kalinya sebagai suami istri. Pengantin baru itu mengucapkan permintaan maaf atas kegaduhan yang disebabkan oleh pernikahan mereka serta berterima kasih untuk dukungan yang telah diterima. 

Mako mengatakan jika Komuro adalah orang yang sangat penting dan tak tergantikan. Menurutnya, ada banyak spekulasi sepihak soal kabar miring yang beredar selama ini. Ia merasa takut dengan berita yang tersebar sekaligus sedih karenanya.

10. Tinggal di Amerika setelah menikah

Kini Putri Mako resmi melepas gelar kebangsawannya karena menikahi rakyat biasa. Putri Mako kini tak lagi memiliki keistimewaan sebagai keluarga kerajaan, termasuk pemasukan dari negara. Dikabarkan bahwa kini Putri Mako dan Kei Komuro tinggal di Amerika Serikat dan menjalani kehidupan layaknya orang biasa.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement