Rabu 17 Nov 2021 05:58 WIB

Konsumsi Rutin Anggur Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Buah anggur juga memiliki efek positif untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Buah anggur juga memiliki efek positif untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Foto: rmqld.com.au
Buah anggur juga memiliki efek positif untuk menjaga kesehatan pencernaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggur merupakan salah satu opsi cemilan sehat populer karena memiliki ukuran sekali gigit, rasa yang manis, tekstur yang garing, serta kaya akan sari buah. Di samping itu, anggur ternyata dapat memberikan efek positif bagi kesehatan pencernaan dan kadar kolesterol.

Manfaat anggur ini disoroti dalam sebuah studi pada jurnal Nutriens. Para partisipan dalam studi diminta untuk menjalani pola makan rendah polifenol agar bisa menilai manfaat dari anggur dengan lebih baik. Polifenol merupakan senyawa yang umumnya ditemukan dalam makanan berbasis tumbuhan yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Baca Juga

Setelah empat pekan, partisipan diminta untuk mengonsumsi 46 gram bubuk anggur per hari. Jumlah ini setara dengan sekitar 1,5 cangkir buah anggur utuh.

Hasil studi menunjukkan bahwa anggur dapat memberikan efek yang bermanfaat bagi mikroba di dalam usus. Selain itu, kadar kolesterol darah para partisipan juga tampak menurun setelah mengonsumsi anggur.

"Ini merupakan kabar baik, mengingat usus yang sehat itu penting bagi kesehatan yang baik," pungkas peneliti Dr Zhaoping Li, seperti dilansir First For Women, Rabu (17/11).

Pada usus, anggur dapat membantu meningkatkan keberagaman bakteri di usus secara signifikan. Salah satu bakteri yang mengalami peningkatan signifikan adalah Akkermansia. Akkermansia merupakan bakteri yang memiliki efek bermanfaat terhadap metabolisme lemak dan glukosa.

Bakteri Verrucomicrobia juga tampak mengalami peningkatan setelah partisipan mengonsumsi anggur. Verrucomicrobia dikenal sebagai bakteri yang membantu menjaga kesehatan usus.

Terkait kadar kolesterol, konsumsi anggur tampak membantu para partisipan menurunkan kadar kolesterol total sebanyak 6,1 persen. Kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat juga tampak menurun sekitar 5,9 persen setelah konsumsi anggur. Di samping itu, anggur juga tampak membantu menurunkan asam empedu yang diketahui berkaitan dengan metabolisme kolesterol.

Berdasarkan studi ini, tim peneliti menilai konsumsi 1,5 cangkir anggur per hari dapat memberikan manfaat yang menyehatkan tubuh. Namun meski bermanfaat, konsumsi anggur sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena anggur memiliki kadar gula yang tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement