Selasa 16 Nov 2021 22:52 WIB

Indonesia Takluk 0-1 dari Afghanistan pada Laga Uji Coba

Gol Omid Popalzay pada menit ke-85 menentukan kemenangan Afghanistan atas Indonesia.

Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya menggiring bole menembus pertahanan Afghanistan dalam laga uji coba di Antalya, Turki, Selasa (16/11). Afghanistan mengalahkan Indoensia 1-0.
Foto: DOK PSSI
Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya menggiring bole menembus pertahanan Afghanistan dalam laga uji coba di Antalya, Turki, Selasa (16/11). Afghanistan mengalahkan Indoensia 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA – Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Afghanistan dalam laga uji coba di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11), malam WIB. Skuad Garuda takluk 0-1 dari Afghanistan lewat gol Omid Popalzay.

Timnas Indonesia berada di Turki untuk menjalani pemusatan latihan menjelang Piala AFF 2020. Di Turki, Indonesia mengagendakan dua laga uji coba lawan Afghanistan dan Myanmar pada Kamis (18/11). 

Baca Juga

Jalannya Pertandingan 

Kedua tim mengembangkan permainan cepat sejak kick-off. Indonesia langsung menciptakan peluang pada menit kelima melalui Ricky Kambuaya. Namun sepakan kerasnya tak menemui sasaran.

Tim Garuda mendapat peluang emas untuk kali kedua lewat Witan Sulaeman. Mendapatkan bola matang dari Dedik Setiawan di kotak 16, Witan melepaskan tendangan menyilang tapi hanya melebar tipis. 

Afghanistan yang unggul postur membalas melalui sepak pojok. Namun sundulan pemain Afghanistan masih melebar dari gawang Indonesia yang dijaga Muhammad Riyandi.

Memasuki 15 menit, Afghanistan mulai menguasai ritme permainan dan menekan Indonesia. Namun kehadiran bek Elkan Baggott pertahanan Indonesia terasa aman. Pemain Ipswich Town yang mencatatkan debutnya di timnas senior Indonesia itu beberapa kali membuat tekel atau sapuan penting.

Timnas Indonesia menciptakan satu kesempatan berbahaya lagi pada menit ke-22, kali ini via Dedik Setiawan. Lewat operan pendek kaki ke kaki, Witan mengarahkan passing terakhir ke Dedik yang berlari masuk ke depan gawang. Akan tetapi, bola yang ditendang Dedik tidak mengarah tepat ke sasaran.

 

Afghanistan sebenarnya menguasai pertandingan sejak menit ke-10. Akan tetapi, skuad besutan Anoush Dastgir juga tak mampu menembus disiplinnya pertahanan Indonesia yang dikawal Elkan, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Bahar. Jelang babak pertama berakhir, bola lebih banyak berkutat di tengah sehingga tak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, permainan tak banyak berubah. Afghanistan beberapa kali melakukan pelanggaran, tapi tak diganjar kartu oleh wasit. Elkan Baggott menjadi salah satu korban walaupun dalam tayang ulang tampak tidak sengaja kepalanya terkena tendangan. Sempat mendapatkan perawatan, Elkan memberi sinyal bisa melanjutkan. Namun tak berapa lama ia tumbang dan digantikan oleh Victor Igbonefo pada menit ke-68. Sebelumnya, pelatih Shin Tae Yong sudah memasukkan Ahmad Agung, Irfan Jaya, dan Ezra Walian.

Menit ke-70 Ricky hampir mencetak gol untuk Indonesia. Namun sepakan keras kaki kirinya hanya naik tipis di atas mistar Afghanistan. Empat menit berselang, giliran upaya Ezra ditepis kiper Ovasys Azizi.

Kedua tim saling bertukar serangan, tapi tak banyak momen berbahaya tercipta. Sampai akhirnya pada menit ke-84 Indonesia mendapatkan lemparan ke dalam. Bola berhasil diamankan Afghanistan yang kemudian melancarkan serangan balik.

Sebenarnya para bek Indonesia sudah berada dalam posisi ideal menahan serangan di jantung pertahanan mereka. Namun kesalahan Victor Igbonefo yang tak memotong bola pelan mengarah ke depan gawang berbuah petaka. Popalzay yang diapit Fachrudin Aryanto mampu menyambut bola lebih dulu untuk menjebol gawang Riyandi pada menit ke-85.

Indonesia berusaha membalas dengan sisa waktu yang ada. Ezra melepaskan tendangan yang mampu dihalau bek Afghanistan yang berbuah tendangan sudut. Dari sepak sudut, upaya Ezra masih melambung di atas mistar.

Daftar Susunan Pemain 

Indonesia (5-4-1)

Muhammad Riyandi; Elkan Baggott (Victor Igbonefo 68'), Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam; Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri (Irfan Jaya 62'), Witan Sulaeman, Evan Dimas (Kadek 62'); Dedik Setiawan (Ezra Walian 62'). 

Pelatih: Shin Tae-yong. 

Afghanistan (4-1-2-1-2)

Ovasys Azizi; Abassin Alikhil, Noor Husin, Farshad Noor, Adam Najem; D Najem; Milad Intezar, Najim Haidary; Faysal Shayesteh; Amiruddin Anwar Sharifi, Fareed Sadat. 

Pelatih: Anoush Dastgir. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement