Selasa 16 Nov 2021 18:41 WIB

Laga Hidup Mati di Rotterdam

Belanda wajib menang jika ingin mendapatkan tiket ke Qatar.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Donny van de Beek (Dua dari Kiri), saat membela timnas Belanda pada laga persahabatan melawan Spanyol.
Foto: EPA-EFE/KOEN VAN WEEL
Donny van de Beek (Dua dari Kiri), saat membela timnas Belanda pada laga persahabatan melawan Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM--Laga penentu Belanda untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar akan ditentukan pada pertandingan terakhir penyisihan grup G melawan Norwegia, di Stadion Feynoord, Rabu (17/11) dini hari WIB.

Mereka wajib menang jika ingin mendapatkan tiket ke Qatar. Pasalnya, tuan rumah yang kini duduk di puncak klasemen hanya unggul dua poin dari tim peringkat dua dan tiga yaitu Turki dan Norwegia.

Dengan Norwegia yang juga berpeluang lolos ke Qatar, mereka jelas akan mati-matian mengalahkan Belanda. Situasi ini membuat pertandingan diperkirakan akan berlangsung dengan tensi tinggi dan ketat. Jika berakhir imbang maka, Belanda harus bergantung kepada hasil pertandingan antara Turki menghadapi Montenegro.

Pelatih Belanda Louis van Gaal sadar bahwa hasil imbang 2-2 melawan Montenegro pada pertandingan kesembilan penyisihan grup G merugikan timnya. Oleh karena itu, Van Gaal segera menganalisis kekurangan saat melawan Montenegro dan fokus menghadapi Norwegia.

“Kami harus menerimanya. Kami akan menganalisis permainan dan kemudian pindah ke Norwegia. Kami melewatkan peluang yang sangat besar, tetapi kami masih memiliki posisi awal terbaik [dari tiga tim di Grup G],” ujar usai pertandingan melawan Montenegro dikutip dari laman resmi UEFA.

Dalam catatan Whoscored, Belandang memiliki peluang memenangkan pertandingan atas Norwegia.  Dalam empat pertemuan terakhir, Belanda tak pernah kalah atas Norwegia yaitu tiga kemenangan dan satu kali imbang. Sejauh ini, mereka menang di kandang ketika menghadapi Norwegia.

Selain catatan head to head tersebut, Belanda juga mempunyai skuad yang mendalam dari berbagai lini. Van Gaal kemungkinan tak akan melakukan perubahan besar-besaran dalam menentukan starting XI. Ia akan tetap mengandalkan Memphis Depay sebagai ujung tombak.

Di lini tengah Frienkie de Jong diperkirakan akan tetap di lini tengah. Sedangkan Van Dijk dan Stefan de Vrij akan tetap dipasang sebagai pemimpin lini belakang Belanda.

Meski belum pernah menang dalam empat pertemuan terakhir melawan Belanda, Norwegia punya peluang mengalahkan mereka. Jarak dua poin dengan Belanda di klasemen menunjukkan mereka punya modal lolos ke Qatar.

Meskipun mereka juga memiliki perasaan yang sama dengan Belanda yaitu gagal meraih poin penuh di laga kesembilan melawan Latvia.

Pelatih Norwegia Stale Solbakken menyesalkan membuang-buang kesempatan menempel ketat Belanda. Karena menurut Solbakke semestinya timnya dapat meraih poin penuh melawan Latvia sebagai modal menghadapi Belanda yang juga bermain imbang menghadapi Montenegro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement