Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Unesa Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Selasa 16 Nov 2021 19:48 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

file foto, Peserta memacu mobil saat Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (8/11).

file foto, Peserta memacu mobil saat Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (8/11).

Foto: Antara/Didik Suhartono
Kontes mobil hemat energi diharapkan bisa menjawab persoalan energi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Negeri Surabaya menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. Gelaran ini diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Pupresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Sirkuit Gelora Bung Tomo pada 16-19 November 2021.

"Ini merupakan tugas yang diberikan Kemendikbud Ristek kepada Unesa. Bahkan jauh-jauh hari, kami sudah mengerahkan tim untuk menyukseskannya," ujar Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., usai pembukaan KMHE 2021 di Surabaya, Selasa (16/11).

Baca Juga

Menurut dia, KMHE sangatlah penting dalam merangsang imajinasi, menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa teknik seluruh Indonesia. Selain itu, kompetisi tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill para mahasiswa dalam menjawab persoalan energi nasional, bahkan di dunia.

"Masa depan negara, termasuk soal kebutuhan energi ada di tangan anak-anak muda saat ini," ucap dia.

Kooordinator Pokja Dikti Rizal Alfian mengatakan pada kompetisi ini temuan mobil hemat energi ini diharapkan bisa diaplikasikan dalam teknologi otomotif. Ia menjelaskan, total ada 24 tim yang lolos ke tahap final dan akan beraksi di Sirkuit GBT selama empat hari ke depan.

"Harapan ke depan akan ada database talenta dan akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa agar bisa melanjutkan ke S2 dan menjamin masa depan mereka," kata Rizal.

Para peserta KMHE 2021 sebelumnya telah melewati berbagai tahapan, mulai dari penilaian laporan desain kendaraan, seleksi laporan desain kendaraan, hingga seleksi virtual technical inspection pada 20 September hingga 1 Oktober 2021.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA